• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    7 Arti Warna Kotoran Telinga, Apakah Normal atau Bermasalah?

    Admin One
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga

    7 Arti Warna Kotoran Telinga, Apakah Normal atau Bermasalah?


    GARUTSELATAN.NET - Kotoran telinga tercipta dengan alami membuat perlindungan telinga. Dikenali dengan istilah klinis cerumen, kotoran telinga berperan untuk menahan kotoran dan benda asing lain untuk masuk ke telinga dan untuk menahan infeksi. 

    7 Arti Warna Kotoran Telinga


    Kotoran telinga bisa mempunyai warna dan struktur yang berbeda. Apa sebetulnya makna warna kotoran telinga yang berbeda ini?

    Mengenali Struktur dan Makna Warna Kotoran Telinga


    Pada intinya telinga bisa membersihkan dirinya sendiri. Kotoran telinga yang telah tua akan bersatu bersama dengan sel-sel kulit mati dan keluar dalam ke sisi lubang telinga. Rupanya, tidak seluruhnya orang mempunyai struktur dan warna kotoran telinga yang sama. 

    Warna dan wujud kotoran telinga yang berbeda bisa juga memberikan indikasi keadaan kesehatan seorang.

    Berikut makna warna kotoran telinga yang berbeda yang wajib Anda ketahui!

    1. Kotoran Telinga Warna Kuning Pucat dengan Struktur Halus

    Kotoran telinga warna kuning pucat biasanya dipunyai oleh anak-anak. Warna ini terhitung ke warna kotoran telinga yang normal. Warna ini bisa berbeda jadi lebih gelap bersamaan dengan berjalannya umur. Produksi kotoran telinga umumnya akan makin sedikit saat seorang makin bergerak dewasa.

    2. Kotoran Telinga Warna Kuning Kecoklat-Coklatan Cenderung Basah

    Makna warna kotoran telinga kuning kecoklat-coklatan dengan struktur cenderung basah ialah normal.

    Beberapa ciri kotorangan telinga ini umumnya dipunyai oleh orang Kaukasia dan Afrika. Ini disebabkan karena ada perubahan gen yang membuat kotoran telinga jadi lebih basah. Tetapi tak perlu dicemaskan karena keadaan ini tidak mengisyaratkan ada masalah pada telinga.

    3. Kotoran Telinga Warna Putih Keabuan Cenderung Kering

    Bila awalnya disebutkan jika struktur kotoran telinga yang condong basah ialah normal, tidak berarti kotoran telinga kering itu tidak normal.

    Untuk beberapa etnis di dunia, kotoran telinga warna putih keabuan dengan struktur yang kering termasuk juga ke tipe kotoran telinga yang normal. Sebuah study mendapati jika warna dan struktur kotoran telinga ini umum dipunyai turunan etnis Asia Timur.

    4. Kotoran Telinga Warna Kuning Kehijauan

    Warna kuning kecoklat-coklatan atau mempunyai elemen warna oranye masih terhitung ke warna kotoran telinga normal, tetapi berlainan dengan warna kotoran telinga kuning kehijauan.

    Warna kotoran telinga kuning kehijauan bisa mengisyaratkan ada infeksi pada telinga. Bila Anda alami tanda-tanda ini diikutkan tanda-tanda lain seperti ketaknyamanan di telinga atau telinga gatal, seharusnya selekasnya tanyakan sama dokter sisi THT (telinga, hidung, kerongkongan).

    5. Kotoran Telinga Warna Kemerahan

    Makna warna kotoran telinga kemerahan bisa mengisyaratkan ada darah pada kotoran telinga.

    Bila kotoran telinga warna cokelat gelap dengan warna merah, keadaan ini bisa mengisyaratkan ada guratan pada aliran telinga atau cidera pada telinga. Kekeliruan saat coba bersihkan telinga sering mengakibatkan telinga berdarah dan mengakibatkan kotoran telinga warna kemerahan.

    6. Kotoran Telinga Warna Hitam

    Makin lama kotoran ada di telinga, karena itu makin lama berwarna akan makin gelap dan bisa hasilkan kotoran telinga warna hitam.

    Ada banyak pemicu kotoran telinga warna hitam dimulai dari karena penimbunan kotoran telinga terlalu berlebih atau karena masuknya benda asing ke telinga yang membuat kotoran makin terjerat di telinga. 

    Hitam bisa mempunyai makna warna kotoran telinga yang beresiko, terlebih bila diimbangi dengan tanda-tanda seperti sakit telinga, masalah pendengaran dan pusing.

    7. Putih dengan Struktur Cair

    Kotoran telinga warna putih seperti nanah dengan struktur cair dan bau bisa memberikan indikasi keadaan yang disebutkan dengan swimmer's otitis eksterna atau ear.

    Keadaan ini bisa terjadi saat pertahanan pada aliran telinga tidak bisa menangani infeksi karena bakteri atau reaksi alergi dan jamur. Pelindungan ini umumnya bekerja dengan lebih bagus saat telinga kering. 

    Keadaan telinga yang lembap bisa membuat bakteri dan jamur berkembang bisa lebih cepat hingga infeksi bisa terjadi.

    Selainnya kotoran telinga warna putih dan encer, tanda-tanda lain dari otitis eksterna ialah seperti kemerahan dan lebam di telinga sisi luar dan aliran telinga, sakit di bagian yang lebam, kulit bersisik, gatal, iritasi, bengkak kelenjar getah masalah pendengaran, dan bening.

    Langkah Bersihkan Kotoran Telinga yang Aman


    Makna warna kotoran telinga bisa mengisyaratkan masalah telinga tertentu. Pada intinya masalah ini bisa dihindari dengan menjaga telinga dengan baik. Salah satunya langkah menjaga telinga dengan pilih langkah bersihkan telinga yang aman.

    Langkah bersihkan telinga paling aman dengan berkunjung dokter dan minta kontribusi dokter untuk bersihkan telinga kita sesuai proses medis. Bila mau tak mau bersihkan telinga di dalam rumah, berikut cara-cara yang dapat dilaksanakan:

    1. Memakai Kain Lembap

    Pemakaian cotton bud bisa mengakibatkan kotoran telinga makin masuk ke telinga.

    Bila ingin masih tetap mengguakan cotton bud karena itu seharusnya cukup pada bagian luar telinga saja. Bila tidak anda bisa memakai kain atau handuk hangat untuk bersihkan sisi luar telinga Anda.

    2. Pelembut Kotoran Telinga

    Anda bisa memperoleh obat tetes telinga untuk menghaluskan kotoran telinga di apotek.

    Umumnya obat tetes ini mempunyai kandungan seperti mineral oil, baby oil, gliserin, peroksida, hidrogen tulis, dan peroksida. Turuti panduan pemakaian pada paket produk untuk pastikan pemakaiannya aman. Bila muncul reaksi efek, tanyakan sama dokter untuk memperoleh pengatasan.

    3. Memakai Ear Syringe

    Ear syringe ialah alat berwujud suntikan yang dipakai untuk menyemprot air hangat atau larutan tulis ke telinga. Langkah ini dapat efisien bila Anda pun memakai produk pelembut kotoran 15-30 menit saat sebelum memakai ear syringe.


    Pencarian yang banyak dicari:
    • 7 arti warna kotoran telinga
    • ciri warna kotoran telinga
    • normal atau bermasalah
    • warna kuning pucat dan halus
    • warna kuning kecoklat-coklatan cenderung basah
    • warna putih keabuan cenderung kering
    • warna kuning kehijauan
    • warna kemerahan
    • warna hitam
    • warna putih tekstur cair
    • bersihkan dengan kain lembap
    • pelembut kotoran telinga
    • memakai ear syringe


    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini