• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Tips dan Trik Sukses Usaha Budidaya Ikan

    GSN
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga

    GARUTSELATAN.NET -  Kegiatan budidaya ikan merupakan kegiatan memelihara ikan mulai dari benih hingga menjadi ukuran konsumsi atau siap jual. Usaha ini sudah banyak dilakukan oleh orang yang notabene tinggal di dekat pesisir, namun seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk maka kebutuhan akan konsumsi khususnya ikan juga semakin meningkat. 


    Tips dan Trik Sukses Usaha Budidaya Ikan 


    Usaha ini sudah mulai dilakukan orang baik di dekat atau jauh dari pesisir. Tingkat keberhasilan untuk melakukan usaha ini cukup tinggi bila di imbangi dengan proses pemilihan dan proses pemeliharaan yang tepat.


    Proses budidaya ikan biasa dimulai dengan pemilihan benih berkualitas, pemilihan pakan yang tepat, penggunaan sistem wadah atau wadah budidaya yang sesuai dengan benih yang dipilih lalu kualitas air serta manajemen kesehatan ikan


    Nah, dalam hal-hal tersebut harus benar dalam pemilihannya agar kegiatan budidaya dapat berjalan secara kontinyu dan menghasilkan keuntungan yang besar. Selain itu dengan mulai banyaknya kegiatan usaha budidaya ikan maka dapat mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi ikan, karena ikan sendiri memiliki banyak kelebihan serta manfaat yang baik bagi tubuh kita seperti kandungan protein yang tinggi.


    Beberapa tips dan trik agar usaha budidaya mu berjalan secara efektif dan efisien :


    • Aspek Pakan

    Pakan merupakan suatu asupan bagi ikan untuk terus tumbuh dan berkembang, apabila pakan yang diberikan tidak sesuai maka pertumbuhan dari ikan akan lebih lambat dan akan menimbulkan permasalahan lain yaitu biaya pemeliharaan akan semakin meningkat. 


    Pemilihan ukuran pakan disesuaikan dengan ukuran benih atau ikan yang dipelihara, hal ini dilakukan agar supaya ikan yang dipelihara dapat menangkap makanan dengan mudah sehingga dapat mencerna dengan baik. Apabila pakan yang diberikan ukurannya terlalu besar atau kecil maka ikan cenderung tidak akan makan atau juga menimbulkan pertumbuhan yang lambat.


    • Aspek Wadah


    Pemilihan wadah bisa didasarkan dengan tempat yang akan digunakan untuk kegiatan budidaya. Penggunaan terpal kini menjadi salah satu pilihan bagi pembudidaya karena selain praktis pembersihan kolam terpal sendiri cenderung lebih mudah dan dapat diterapkan di daerah mana saja. 


    Kolam tanah kolam tanah biasa dilakukan karena memiliki lahan yang cukup luas dan mudah pengaliran air. Nah untuk kelebihan dari kolam tanah sendiri kaya akan mikroorganisme yang baik sehingga dapat tambahan asupan pakan.


    • Aspek Kualitas Air


    Pemeliharan ikan erat kaitannya dengan kualitas air. Cara agar kualitas air ini terjaga dengan baik yaitu dapat menggunakan filter berupa arang, spoon atau batu-batu kecil yang disusun untuk lebih detai mengenai filter ini saya akan bahas pada tips dan trik selanjutnya. 



    Penggunaan pompa air juga sangat disarankan hal ini dikarenakan dengan pemberian pompa air atau bisa juga aerator memberikan oksigen terlarut bagi ikan sehingga sistem metabolisme dalam tubuh dapat berjalan dengan baik. Pengurasan kolam biasanya dilakukan 1 seminggu sekali, nah pengurasan dan pergantian air ini ditujukan agar pakan-pakan sisa yang tidak termakan tidak menimbulkan racun bagi ikan. 


    Pergantian air ini dilakukan dengan mengeluarkan air sampai sepertiga dari tinggi sebelumnya baru kemudian ditambahkan air baru.


    • Aspek Kesehatan Ikan


    Kesehatan ikan dapat terjaga dengan baik apabila 3 poin diatas sesuai dengan kebutuhan ikan. Apabila terdapat ikan yang sakit maka segera pindahkan ikan tersebut dalam wadah yang terpisah agar tidak menularkan pada ikan yang lainnya.


    Kualitas pakan akan menentukan bobot serta kesehatan ternak. Pilihlah kualitas pakan unggul yang sudah berstandar sehingga ternak tidak hanya sehat dan berbobot tapi akan kebal terhadap berbagai penyakit.


    Disarankan hanya membeli pakan ternak dari produsen pakan yang sudah terverifikasi atau terdaftar. Ada banyak lembaga penelitian yang menjual hasil penelitian pakan ternak unggul.


    Sedangkan untuk vitamin, Ikan juga membutuhkan vitamin yang tepat. Vitamin sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kualitas Ikan.


    Demikian Informasi Tentang Tips dan Trik Sukses Usaha Budidaya Ikan, Semoga Bermanfaat..


    Pencarian Yang Banyak di Cari :


    • ide dan peluang usaha ikan hias
    • resiko usaha ikan hias
    • usaha ikan hias modal kecil
    • cara memulai usaha jual ikan segar
    • modal usaha toko ikan hias
    • cara menentukan harga jual ikan hias
    • usaha ikan predator
    • modal usaha aquarium





    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +