• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Modul Pembelajaran Sosiologi Kelas 10 SMA-MA Edisi 2021

    Admin One
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga
    Modul Pembelajaran Sosiologi Kelas 10 SMA-MA Edisi 2021 - Hubungan sosial merupakan interaksi antar manusia. Menurut Gillin Dan Gillin, hubungan sosial adalah hubungan yang dinamis yang menyangkut hubungan antar individu, antar kelompok, antar orang dengan kelompok. 




    Secara umum hubungan sosial adalah hubungan timbal balik antara individu yang satu dengan individu yang lain, saling mempengaruhi dan didasarkan pada kesadaran untuk saling menolong.

    Proses hubungan sosial dapat terjadi secara langsung dengan tatap muka maupun secara tidak langsung atau mengunakan media, misalnya telepon, televisi, radio, surat menyurat, dan lain-lain. Proses hubungan sosial akan terjadi pada saat ada dua individu atau lebih yang saling mengadakan kontak sosial maupun komunikasi.

    Hubungan Sosial ialah hubungan antara perorangan dengan perorangan atau antara perseorangan dengan kelompok maupun kelompok dengan kelompok ,yang saling mempengaruhi dan juga didasarkan oleh kesadaran untuk saling membantu.

    Sebelum mempelajari hubungan sosial maka kita akan mempelajari tindakan sosial, Nah coba Ananda baca dulu cerita berikut ini ! Jika ada seseorang yang berjalan sambil bernyanyi,bersiul-siul dan melempar-lempar batu kerikil ke kiri dan kanan, tanpa tujuan yang jelas, kita dapat mengatakan bahwa orang tersebut melakukan Tindakan itu hanya sekedar iseng. 

    Hal yang berbeda jika bersiul dan bernyanyi atau melempar kerikilnya memiliki tujuan supaya dia diperhatikan oleh orang lain, dapat dikatakan bahwa orang itu melakukan suatu tindakan dengan maksud dan tujuan tertentu.

    Dalam kasus di atas tindakan yang pertama bukan merupakan tindakan sosial, sedangkan yang kedua merupakan tindakan sosial. Karena tindakan yang kedua dilakukan dengan memperhitungkan keberadaan orang lain dan Tindakan itu memang dilakukan untuk mendapat respon dari orang lain.

    Artikel Menarik :


    Karena itu ananda perlu mempelajari hubungan sosial yang mempelajari tentang tindakan sosial dan tipe-tipe tindakan sosial serta Interaksi sosial yang meliputi pengertian interaksi sosial, syarat , faktor, jenis dan bentuk interaksi sosial tersebut.

    Modul Pembelajaran tersebut telah disusun berdasarkan jenjang kelas serta Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran yang mesti diajarkan. Sebagaimana kita ketahui di saat pandemi seperti sekarang ini, modul dapat menggantikan sebagian fungsi guru, namun guru juga harus berada dalam pembelajaran supaya proses pembelajaran lebih terarah.

    Modul biasanya sangat detail mengenai pembelajaran mulai dari tujuan, perencanaan, materi pembelajaran hingga evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran. Peserta didik sendiri akan menerapkan seluruh kegiatan maupun panduan yang harus dilakukan pada pembelajaran yang menggunakan modul.

    Modul itu memiliki empat fungsi diantaranya sebagai Bahan Ajar Mandiri, Pengganti sebagian Fungsi Pendidik, sebagai Alat Evaluasi dan sebagai Bahan Rujukan.

    Modul Pembelajaran Sosiologi Kelas 10 SMA-MA Edisi 2021





    Demikian informasi tentang Modul Pembelajaran Sosiologi Kelas 10 SMA-MA Edisi 2021, semoga bermanfaat dan silahkan bagikan.



    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +