• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Kawah Putih, Pesona Keindahan Alam Surgawi di Bandung Selatan

    Admin One
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga
    GARUTSELATAN.NET - Kawah Putih terletak di Desa Sugihmukti Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

    Kawah Putih Ciwidey Bandung [foto : handarbeni_aroso]

    Kawah Putih merupakan sebuah danau vulkanik yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha dengan luas hampir 10 hektar. Sesuai dengan namanya, tanah yang ada dikawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Air danau Kawah Putih sesekali dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu dan cuaca yang terjadi pada saat itu. Kawah Putih Ciwidey berada dikawasan pegunungan dengan ketinggian mencapai 2.400 meter diatas permukaan laut (mdpl).

    # Sejarah Kawah Putih 

    Menurut Cerita Kawah Putih bermula pada abad ke 10 dimana terjadi letusan hebat oleh Gunung Patuha. Setelah letusan tersebut banyak orang beranggapan bahwa lokasi ini adalah kawasan angker karena setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati. Namun seiring berjalannya waktu, kepercayaan mengenai angkerna kawasan tersebut mulai hilang, sampai akhirnya pada tahun 1837 ada seorang ahli botani yang berkebangsaan Jerman datang ke kawasan ini untuk melakukan penelitian.

    Kawah Putih Ciwidey Bandung [foto : mariabudinatalia]

    Bagi Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, pernyataan masyarakat setempat tersebut tidak masuk akal, karena tidak percaya dengan cerita tersebut lalu ia pergi ke dalam hutan untuk mencari tahu ada apa disana. Pada akhirnya Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berhasil mencapai puncak gunung dan dari sana ia dapat melihat keberadaan sebuah danau indah berwarna putih dengan bau belerang yang menyengat.


    Sejak itulah keberadaan Kawah Putih ditemukan dan menjadi terkenal serta pada tahun 1987 Pemerintah resmi mengembangkan kawasan ini menjadi kawasan wisata yang menawarkan pengalaman menarik untuk berkunjung dan melihat langsung danau yang dapat berubah warna tersebut. 

    # Pesona Kawah Putih

    Dengan Keindahan dan keunikan yang mempesona kawah ini kerap dijadikan background fotografi, film, melukis, mendaki, berkuda dan juga prewedding. Kawah Putih juga kerap dijadikan lokasi shooting baik untuk pembuatan film ataupun pembuatan video clip. Salah satu film yang paling terkenal ialah "film Heart" yang dibintangi oleh Acha Septriasa, Irwansyah dan Nirina Zubir.


    Dermaga Ponton yaitu dermaga yang sengaja dibuat oleh pengelola agar dapat menjangkau lokasi tengah kawah dan dermaga inipun menjadi objek favorite pengunjung untuk berselfi. Dermaga tersebut terbuat dari kayu sepanjang 50 meter dengan lebar 2 meter. Bagi setiap pengunjung yang ingin melewati dermaga ini dikenakan tarif Rp. 10.000/orang.

    Dermaga Ponton [foto : fitriafy_]

    Tebing Sunan Ambu yaitu tebing yang mengapit Kawah Putih, tebing satu dinamakan Sunan Ibu dan satunya lagi bernama Sunan Rama. Dari kedua tebing tersebut yang paling menarik serta lebih luas terdapat pada Sunan Ibu karena titik tebing lebih tinggi yang akan memberi kesan menakjubkan pada hasil jepretan photograpy.


    Skywalk Cantigi yaitu jembatan dari kayu yang dibangun di kanan dan kiri Kawah Putih. Skywalk Cantigi I dibangun sepanjang 150 meter dan Skywalk Cantigi II dibangun sepanjang 500 meter. Dari kedua Skywalk ini kalian akan lebih leluasa memandang keindahan Kawah Putih.

    Skywalk Cantigi [foto : fourstar_bandung]
    Skywalk Cantigi [foto : lanniewahab]

    # Penginapan Kawah Putih

    Bagi kalian pengunjung luar kota tidak perlu khawatir soal menginap karena terdapat beberapa penginapan yang tersedia dan dapat digunakan seperti :
    • Cimanggu Cottage Ciwidey terletak di Jalan Raya Ciwidey Km. 13, Ciwidey
    • Saung Gawir terletak di Jalan Raya Ciwidey Rancabali Km. 05
    • Villa Patengan terletak di Jalan Raya Ciwidey, Rancabali, Patengan

    # Fasilitas 

    Beberapa fasilitas yang tersedia jika kalian berkunjung ke objek wisata Kawah Putih diantarnya :
    • Area Parkir Luas
    • Transfortasi dari Gerbang sampai dengan Kawah
    • Pusat Informasi
    • Restoran dan Warung Makanan
    • Mushola 
    • Toilet

    # Rute Lokasi
    • Jakarta - Bogor - Bandung - Ciwidey - Sampai dilokasi Kawah Putih
    • Tasikmalaya - Garut - Bandung - Ciwidey - Sampai dilokasi Kawah Putih
    • Pameungpeuk - Rancabuaya - Cidaun - Ciwidey - Sampai dilokasi Kawah Putih

    # Harga Tiket Kawah Putih 

    Untuk Harga Tiket masuk Kawah Putih Ciwidey - Bandung, Rp. 20.000 untuk Wisatawan Lokal dan Rp. 50.000 Wisatawan Asing. Sedangkan untuk Harga Parkir Kendaraan diantaranya sebagai berikut :
    • Parkir Atas (Mobil) Rp. 150.000, Parkir Bawah Rp. 6.000
    • Parkir Bawah Bus Rp. 25.000
    • Parkir Atas (Motor) Rp. 35.000, Parkir Bawah Rp. 5.000
    • Naik Ontang-anting Rp. 13.000

    Ada dua jenis tempat parkir yang tersedia yaitu tempat parkir dibawah dan atas, tempat parkir bawah lebih murah karena kalian memarkirnya di gerbang pintu masuk kemudian kalian bisa naik ontang-anting untuk sampai ke lokasi kawah. Sedangkan bagi kalian yang ingin memarkir kendaraannya diatas (dilokasi kawah) maka tarifnya akan lebih mahal.

    Note : Harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

    # Jam Buka Kawah Putih Ciwidey

    Lokasi wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung dibuka mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

    Related Search :
    • Kawah Putih, Pesona Keindahan Alam Surgawi di Bandung Selatan
    • Kawah Putih merupakan sebuah danau vulkanik dengan luas 10 Hektar
    • Kawah Putih berada di ketinggian 2.400 mdpl
    • Pesona Kawah Putih memiliki Dermaga Ponton, Tebing Sunan Ambu dan Skywalk Cantigi.


    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini