• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Sejarah dan Mitos Gunung Eweranda Garut

    Admin One
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga
    GARUTSELATAN.NET - Gunung Eweranda merupakan salah satu gunung yang terletak di Mekarwangi, Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung ini memiliki sejarah dan mitos yang menarik untuk diketahui oleh masyarakat.

    Sejarah dan Mitos Gunung Eweranda Garut, Foto: Illustrasi


    Hampir seluruh penjuru Kabupaten Garut memang dikelilingi oleh gunung maka tak heran dengan keindahan dari ketinggiannya selalu menjadi daya tarik bagi pecandu ketinggian dan memiliki sebutan Swiss Van Java.

    Sejarah Gunung Eweranda Garut


    Menurut sejarah, Gunung Eweranda dahulunya digunakan oleh masyarakat Garut sebagai tempat peribadatan. Mereka mempercayai bahwa di gunung ini terdapat makhluk halus yang suci dan memiliki kekuatan mistis yang kuat. 

    Selain itu, pada masa penjajahan Belanda, Gunung Eweranda juga pernah digunakan sebagai tempat persembunyian para pejuang kemerdekaan.

    Mitos Gunung Eweranda Garut


    Terdapat beberapa mitos yang berkembang di sekitar Gunung Eweranda, di antaranya:

    1. Mitos Candi Punden Berundak

    Masyarakat Garut mempercayai bahwa di Gunung Eweranda terdapat Candi Punden Berundak yang tersembunyi. Konon, candi ini memiliki tingkat kekuatan mistis yang sangat tinggi. Namun, hingga saat ini candi tersebut belum ditemukan.

    2. Mitos Keris Pusaka

    Konon, di Gunung Eweranda terdapat keris pusaka yang memiliki kekuatan mistis yang sangat besar. Keris tersebut konon disimpan oleh makhluk halus yang menjaga gunung ini. Hingga saat ini, keberadaan keris tersebut masih menjadi misteri.

    3. Mitos Warna Sungai Cimanuk

    Sungai Cimanuk yang mengalir di kaki Gunung Eweranda konon memiliki warna yang berbeda-beda di beberapa tempat. Masyarakat setempat mempercayai bahwa perubahan warna tersebut disebabkan oleh kekuatan mistis yang ada di gunung ini.

    4. Mitos Orang Bunian

    Masyarakat setempat percaya bahwa Gunung Eweranda dihuni oleh makhluk halus yang disebut orang bunian. Konon, makhluk halus ini memiliki kekuatan mistis yang sangat besar dan biasanya menampakan diri dalam bentuk cahaya atau suara aneh.

    5. Mitos Raja Jampang

    Dalam mitos masyarakat Garut, Gunung Eweranda dikaitkan dengan sosok Raja Jampang yang merupakan tokoh legendaris di Jawa Barat. Konon, Raja Jampang sering muncul di Gunung Eweranda dan memberikan pertolongan kepada para pendaki yang tersesat di gunung tersebut.

    6. Mitos Putri Gunung Eweranda

    Putri Gunung Eweranda juga menjadi salah satu mitos yang populer di masyarakat Garut. Konon, putri tersebut adalah makhluk halus yang menjaga kesucian dan keindahan gunung tersebut. 

    Beberapa pendaki yang pernah ke Gunung Eweranda mengaku pernah melihat sosok putri yang muncul di kaki gunung.

    Meskipun mitos-mitos tersebut belum bisa dibuktikan kebenarannya, namun sejarah dan mitos Gunung Eweranda masih menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dan pendaki yang tertarik dengan keindahan alam Garut.

    Untuk memasuki kawasan Gunung Eweranda, kita bisa menggunakan Angkutan Kota (Angkot) dari terminal Guntur menuju daerah Sukawening atau Cibatu.

    Dilanjutkan dengan menggunakan ojek di wilayah Sukawening, untuk nanti bisa diantarkan menuju kawasan Gunung Eweranda.

    Jarak tempuh menuju tempat ini terbilang tidak begitu jauh, hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota.

    Itulah sejarah dan mitos Gunung Eweranda Garut yang masih melekat di masyarakat setempat hingga saat ini. Gunung ini juga sering menjadi tujuan para pendaki dan wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Garut dari ketinggian.

    "Wallahualam bish-shawab".


    Sejarah Gunung Eweranda | Mitos Gunung Eweranda | Gunung Eweranda Garut | Candi Punden Berundak | Keris Pusaka | Warna Sungai Cimanuk | Orang Bunian | Raja Jampang | Putri Gunung Eweranda.


    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini