• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    6 Tempat Wisata Alam Kebun Teh Bandung, Keindahannya Takkan Pernah Sirna

    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga
    Jika Kepenatan datang  sangatlah penting untuk segera menikmati sang alam. Menyelami setiap renungan kehidupan, tumbuhkan semangat demi sebuah harapan. Menikmati alam dalam diam berikan nuansa lain,  sebuah momen indah untuk bahan renungan. 

    Kebun Teh Malabar

    Foto: Instagram/@warmanwardhan
    Kebun Teh Malabar yang memiliki luas sekitar 2.022 hektar dan berada di ketinggian 1.550 mdpl, Banyak kegiatan yang menarik disini, salah satunya adalah napak tilas pendirian perkebunan teh ini yang dulu didirikan oleh K.A.R Bosscha. Disini kita bisa berkunjung ke makamnya dan rumah Bosscha. 

    Selain itu, kegiatan tea walk tentu tidak boleh ditinggalkan ketika berkunjung ke Kebun Teh Malabar, karena pemandangan yang sangat luar biasa. Jika ingin menginap disini juga tersedia beberapa guest house disamping rumah peninggalam Bosscha untuk para turis yang ingin bermalam di area Kebun Teh Malabar.

    Baca Juga ; Wisata Alam Paling Romantis di Bandung 2020
    Kebun Teh Sukawana Lembang Bandung

    Credit : Ayam Goreng

    Kebun Teh Sukawana ini hanya berjarak sekitar 20 km saja dari pusat Kota Bandung. Memang tidak begitu luas, namun pemandangan disini tidak perlu dipertanyakan lagi. Di Kebun Teh Sukawana, kita akan disuguhkan keindahan panorama Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Perahu. 

    Untuk kegiatan yang bisa dilakukan disini juga banyak seperti, tea walk, hiking, camping hingga off road. Sangat menarik bukan?
    Alamat Kebun Teh Sukawana : Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

    Kebun Teh Rancabali Bandung

    Foto: Google Maps/ Aris Priyandoko

    Berada di ketinggian 1.650 mdpl dengan suhu rata-rata siang hari 20 derajat dan saat malam bisa mencapai 5 derajat, menjadikan Kebun Teh Rancabali memiliki udara yang sangat segar dan bersih.
    Pengunjung disini bisa menikmati kegiatan tea walk dengan berbagai pilihan rute, mulai dari 2 Km, 3 Km, dan paling panjang 4 Kilometer. Kita juga bisa berkunjung ke pabrik teh dan menyaksikan proses pengolahan teh yang pasti sangat panjang prosesnya.

    Selain experience pengolahan teh yang menarik, Kebun Teh Rancabali ini juga dekat dengan beberapa tempat wisata lain seperti, kebun strawbery Ciwidey, Pemandian Air Panas Walini, Situ Patenggang, dan Kawah Putih. Jadi intinya, cukup dengan sekali perjalanan, kita bisa liburan ke beberapa tempat sekaligus.

    Untuk fasilitas disini sangatlah lengkap, karena terdapat banyak tempat wisata kuliner, mulai dari warung kaki lima hingga restaurant. Selain itu, jika ingin bermalam, disini juga terdapat beberapa pilihan penginapan, mulai dari yang murah meriah, hingga resort mewah. Alamat Kebun Teh Rancabali : Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat.
    Kebun Teh Gambung Ciwidey Bandung

    Kebun teh di Bandung, Kebun Teh Gambung Ciwidey, Image By IG : @rizky_ki

    Kebun Teh Gambung berlokasi di Desa Mekarsai, Kecamatan Cisondasari, Bandung Selatan. Kebun teh ini menghasilkan beberapa varian teh, seperti teh hitam, teh hijau dan teh putih.

    Kegiatan menarik disini, kita bisa ikut dalam wisata edukatif Ngabengkong, yang memiliki arti proses penyimpanan tanaman-tanaman teh muda sebelum ditempatkan di perkebunan. Pelajaran yang bisa kita diambil disini adalah belajar bagaimana cara memilih benih, penanaman, pemeliharaan, cara memetik teh, proses penimbangan teh, pelayuan hingga penggiliangan teh.

    Bagi yang ingin menginap, disini ada wisma yang ada di area perkebunan, atau jika suka berpetualang, disini juga tersedia camping groud yang letaknya berada di sebelah sungai Rancacangkuang.

    Kebun Teh Patuha Ciwidey Bandung

    Kebun Teh Ciwidey Bandung, Image By IG : @dindin__permana

    Kebun Teh Patuha ini tidak jauh dari obyek wisata yang sangat terkenal yakni Kawah putih di Ciwidey. Patuha sendiri memiliki arti yang sangat unik, yakni “pa” dan “tuha” dimana jika diartikan dalam bahasa Indonesia berati Pak Tua.  Patuha ini diambil dari lokasinya yakni di Gunung Patuha, yang menurut sejarahnya pernah meletus pada abad ke – 10 dan ke -12. 

    Letusan dari Gunung Patuha Bandung ini membuat tanah disekitarnya menjadi sangat subur dan ideal untuk ditanami teh. Teh yang diambil dari Kebun Teh Patuha juga terkenal memiliki aroma harum yang khas dan wangi sekali.

    Kebun Teh Kertamanah Pangalengan

    Kebun Teh Kertamanah Pangalengan, Image By IG : @fayj03

    Kebun Teh Kertamanah Pangalengan yang juga tidak kalah indah dan terkenal dengan beberapa kebun teh sebelumnya. Kebun Teh yang berlokasi di Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan ini juga menawarkan pemandangan dan kesejukan khas Kebun Teh. 

    Kegiatan tea walk juga bisa dilakukan disini. Selain itu, kita bisa melihat pembangkit listrik tenaga panas bumi (Geothermal Pangalengan). Alamat Kebun Teh Ketamana : Margamulya, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

    Itulah  kebun teh di Bandung yang indah dan menarik untuk kita bisa nikmati kesejukan alamnya. 



    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +