• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Hobi Mengonsumsi Olahan Usus, Apa Dampaknya?

    Admin One
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga
    GARUTSELATAN.NET - Beberapa orang memiliki hobi mengonsumsi olahan usus seperti usus sapi atau babi. Olahan usus ini sering dijadikan sebagai makanan yang lezat dan gurih, tetapi apakah mengonsumsi olahan usus secara teratur memiliki dampak negatif bagi kesehatan? Berikut ini penjelasannya.

    Hobi Mengonsumsi Olahan Usus, Apa Dampaknya?


    Nutrisi dalam Usus


    Sebelum membahas lebih lanjut tentang dampak mengonsumsi olahan usus, mari kita bahas terlebih dahulu tentang nutrisi yang terdapat dalam usus. Usus mengandung protein, lemak, vitamin B12, zat besi, kalsium, dan fosfor. 

    Kandungan nutrisi dalam usus ini dapat memberikan manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu dalam pembentukan sel darah merah.

    Potensi Bahaya Mengonsumsi Olahan Usus


    Meskipun usus mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh, mengonsumsi olahan usus secara teratur dapat memiliki dampak negatif bagi kesehatan, antara lain:

    1. Berisiko Terkontaminasi Bakteri

    Olahan usus dapat terkontaminasi oleh bakteri seperti E. coli atau salmonella. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan dan menyebabkan gejala seperti diare, mual, muntah, dan demam.

    2. Mengandung Kolesterol Tinggi

    Olahan usus seringkali mengandung kolesterol yang tinggi. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

    3. Berisiko Terkena Kanker

    Mengonsumsi olahan usus secara teratur juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus besar. Hal ini karena olahan usus dapat mengandung senyawa yang berpotensi menyebabkan kanker.

    Dampak lain dari Kebiasaan Mengonsumsi Jeroan seperti Usus


    Tak hanya bisa memicu kolesterol tinggi dan penyakit asam urat, pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali dampak kesehatan yang akan didapatkan jika kita hobi mengonsumsi jeroan seperti usus.

    Artikel Pilihan: 7 Arti Warna Kotoran Telinga, Apakah Normal atau Bermasalah


    Berikut adalah berbagai macam dampak tersebut.

    1. Jeroan memiliki Kandungan Beracun

    Beberapa jenis jeroan seperti hati dan ginjal dari hewan layaknya sapi, kambing, dan ayam sebenarnya memiliki fungsi yang mirip dengan hati dan ginjal manusia, yakni pengendali racun di dalam tubuh. Hal ini berarti, di dalam organ-organ ini bisa jadi memiliki kandungan beracun yang kurang baik jika sering kita konsumsi.

    Pakar kesehatan menyebut beberapa jenis racun yang bisa ditemukan di dalam jeroan layaknya kadmium, arsenik, timah, selenium, dan lain-lain. Demi menjaga kesehatan, sebaiknya memang kita membatasi konsumsi jeroan demi mencegah berbagai kandungan beracun ini masuk ke dalam tubuh.

    2. Bisa meningkatkan Infeksi Parasit

    Kita tentu pernah melihat berita yang menunjukkan hati sapi atau kambing yang sudah dipenuhi dengan cacing, bukan? Biasanya daging-daging yang sudah terinfeksi parasit seperti cacing tidak layak untuk dikonsumsi. Sayangnya, jeroan juga berpotensi sudah terinfeksi parasit ini sehingga jika tetap kita makan, berpotensi menyebabkan datangnya masalah kesehatan.

    3. Bisa memicu Gangguan Pencernaan

    Usus cenderung memiliki tekstur yang keras meski sudah diolah cukup lama. Memang, rasanya yang kenyal membuat kita bisa sangat menikmatinya, namun usus cenderung sulit untuk dicerna oleh perut sehingga terlalu sering mengonsumsinya dikhawatirkan mampu meningkatkan risiko terkena gangguan pencernaan.

    Selain itu, jika sampai usus tidak diolah dengan baik, bisa jadi masih ada banyak bakteri yang tertinggal dan menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut.

    4. Menyebabkan Masalah Kulit

    Kebanyakan olahan jeroan, termasuk usus menggunakan bahan tinggi lemak seperti santan. Meski bisa membuatnya memiliki rasa yang enak, keberadaan lemak ini bisa meningkatkan risiko terkena masalah kulit seperti jerawat atau kulit keriput.

    Kesimpulan


    Mengonsumsi olahan usus sebaiknya dilakukan dengan bijak dan tidak berlebihan. Meskipun olahan usus mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh, terlalu banyak mengonsumsinya dapat menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan. 

    Jika ingin mengonsumsi olahan usus, pastikan untuk memasaknya dengan benar dan mengonsumsinya dengan seimbang.


    Hobi Mengonsumsi Olahan Usus | Hobi Mengonsumsi Olahan Usus, Apa Dampaknya? | Nutrisi dalam Usus | Potensi Bahaya Mengonsumsi Olahan Usus | Berisiko Terkontaminasi Bakteri | Mengandung Kolesterol Tinggi | Berisiko Terkena Kanker | Jeroan memiliki kandungan beracun | Bisa meningkatkan infeksi parasit | Bisa memicu gangguan pencernaan | Menyebabkan masalah kulit.


    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini