• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    7 Pencegahan Kanker Serviks yang Harus Dipahami Kaum Hawa

    Admin One
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga

    7 Pencegahan Kanker Serviks yang Harus Dipahami Kaum Hawa


    GARUTSELATAN.NET - Kanker serviks adalah penyakit sangat membahayakan yang banyak serang wanita di Indonesia. Dikutip dari situs resmi Kementrian Kesehatan RI, minimal terdaftar ada sekitaran 15.000 kasus kanker serviks di Indonesia tiap tahunnya. 

    7 Pencegahan Kanker Serviks yang Harus Dipahami Kaum Hawa


    Walau mengerikan, pada intinya kanker serviks masih bisa kita cegah. Bagaimana penangkalan kanker serviks yang betul? Baca penjelasannya berikut!

    Kenali Kanker Serviks


    Saat sebelum ketahui penangkal kanker serviks, seharusnya ketahui terlebih dahulu apakah itu kanker serviks. Kanker serviks ialah kanker yang ada pada leher kandungan yang disebut sisi dari mekanisme reproduksi wanita. Serviks atau leher kandungan ada di kandungan dan vagina.

    Kanker ini dipacu oleh human papillomavirus (HPV). Walau tidak seluruhnya wanita dengan HPV bisa meningkatkan kanker serviks, tetapi apabila sudah terserang HPV, maknanya Anda mempunyai resiko tinggi terserang kanker serviks. HPV sendiri bisa disebarkan lewat jalinan seksual.

    Langkah Mencegah Kanker Serviks


    Kanker yang diketahui sejak awal kali akan dapat gampang ditangani, tetapi lebih baik kembali bila kanker bisa dihindari semenjak awal. Kanker serviks bisa serang tiap wanita, hingga pengetahuan mengenai penangkal kanker serviks semestinya dijumpai oleh tiap wanita.

    Berikut langkah-langkah penangkalan kanker serviks yang bisa dilaksanakan:

    1. Pengecekan pap smear teratur

    Lakukan pengecekan pap smear dengan teratur bisa menjadi satu diantara langkah menahan kanker serviks.

    Pap smear ialah pengecekan yang sudah dilakukan untuk ambil contoh beberapa sel serviks untuk ketahui ada atau tidaknya sel yang mempunyai potensi berkembang jadi kanker. Sel yang mempunyai potensi berkembang jadi kanker memang belum tentu akan berkembang jadi kanker, tetapi lebih bagus bila disingkirkannya semenjak awal.

    Pengecekan pap smear semestinya dilaksanakan dengan teratur tiap tiga tahun wanita umur mulai 21 tahun atau yang telah aktif secara seksual sampai kelak berumur 65 tahun.

    2. Pengecekan HPV teratur

    Selainnya pengecekan pap smear, test HPV sebagai test yang perlu untuk dilaksanakan sebagai penangkalan kanker serviks.

    Sama seperti yang telah disebut awalnya jika kanker serviks berkembang dari HPV. Test HPV bisa dilaksanakan sendiri atau dapat digabungkan dengan pap smear. Wanita dengan umur di atas 30 tahun dianjurkan untuk melakkan test HPV atau HPV dengan pap smear tiap lima tahun sekali.

    3. Memperoleh vaksin kanker sekviks


    Penyebab kanker serviks ialah HPV, hingga vaksin yang dipakai sebagai penangkalan kanker serviks ialah vaksin HPV.

    HPV terdiri lebih dari 100 tipe, tetapi yang terbanyak mengakibatkan kanker serviks ada dua tipe yakni type 16 dan 18. Vaksin ini umumnya diberi saat sebelum seorang aktif secara seksual. Umur 9-13 tahun ialah yang paling direferensikan karena vaksin dipandang lebih efisien bekerja pada mekanisme imun yang bagus di umur itu.

    Bila telat memperoleh vaksin, wanita bisa memperoleh vaksin ini sampai umur 26 tahun. Tetapi apabila sudah telah aktif secara seksual, wanita harus terlebih dahulu lakukan pap smear saat sebelum memperoleh vaksin.

    Vaksin HPV tidak cuma ditujukan untuk wanita saja, tetapi juga untuk pria. Vaksin HPV pada pria berperan sebagai penangkalan kutil kelamin, kanker penis, kanker anus, dan penangkalan penyebaran HPV ke pasangan.

    4. Jauhi hubungan seks beresiko


    Penangkalan kanker serviks yang bisa dilaksanakan setelah itu dengan menghindar hubungan seks yang bisingo.

    HPV bisa disebarkan lewat hubungan seksual, resiko ini pasti makin tinggi bila tidak memakai kondom atau bila berubah-ubah pasangan. HPV bisa disebarkan dari beragam contact seksual, termasuk contact kulit di antara alat kelamin, sex oral, vaginal, sex anal, sampai pemakaian mainan seks.

    5. Menghindari rokok


    Bila tidak mau terserang kanker serviks, rokok adalah yang perlu Anda jauhi karena rokok adalah factor resiko paling besar kanker serviks.

    Wanita perokok dan mengisap asap rokok mempunyai peningkatkan resiko kanker serviks antara beberapa wanita yang terkena HPV. Resiko makin tingkatkan pada wanita perokok semakin banyak dengan periode saat yang lebih lama.

    6. Jaga skema makan


    Makanan dengan nutrisi imbang menjadi makanan pencegah kanker serviks.

    Selainnya konsumsi makanan bergizi, janganlah lupa untuk menghindar beragam makanan yang bisa memacu kanker.

    Perbanyak konsumsi sayur dan buah akan bagus untuk kesehatan Anda keseluruhannya dan menjadi langkah menahan kanker serviks alami. Dan tipe makanan yang seharusnya dijauhi atau terbatasi konsumsinya karena bisa memacu kanker ialah seperti makanan tinggi lemak trans, minuman dan makanan olahan yang memiliki kandungan pengawet, alkohol, dan ada banyak lagi.

    7. Jaga berat badan tetap ideal


    Jaga berat badan bagus dapat menjadi cara penangkalan kanker serviks.

    Berat badan yang berlebih atau kegemukan bisa tingkatkan beragam resiko penyakit akut, terhitung kanker serviks. Dan berat badan di bawah bagus dapat turunkan mekanisme imun yang membuat badan lebih rawan pada penyakit.

    Jaga berat badan bagus bisa dilaksanakan dengan jaga konsumsi makanan imbang nutrisi dan olahraga secara rutin.

    Itulah beragam langkah menahan kanker serviks yang bisa diaplikasikan oleh tiap wantia. Kanker serviks bisa serang siapa, hingga tiap wanita harus siaga pada penyakit satu ini. Mengaplikasikan gaya hidup sehat akan menolong penangkalan kanker serviks.

    Kanker serviks kerap kali tidak memunculkan tanda-tanda pada fase awalnya dan baru teridentifikasi sesudah masuk fase lanjut. Janganlah lupa untuk dengan teratur memeriksa diri supaya kanker bisa terdeteksi lebih awal dan memperoleh pengatasan lebih cepat.


    Pencarian yang banyak dicari:
    • 7 pencegahan kanker serviks
    • pahami dulu ini kaum hawa
    • kenali kanker serviks
    • langkah cegah kanker serviks
    • pengecekan pap smear teratur
    • pengecekan HPV teratur
    • memperoleh vaksin kanker sekviks
    • jauhi hubungan seks beresiko
    • hindari rokok
    • jaga skema makan
    • jaga berat badan tetap ideal


    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini