• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Mudah dan Cepat, Ini Langkah Hitung Zakat Pendapatan yang Tepat

    Admin One
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga
    GARUTSELATAN.NET - Mudah dan Cepat, Ini Langkah Hitung Zakat Pendapatan yang Tepat. Sebagai umat Islam, zakat menjadi kewajiban yang perlu dibayarkan pada waktu periode tertentu. 

    Cara Hitung Zakat Pendapatan yang Tepat


    Zakat tidak hanya zakat fitrah yang kita bayar saat hari besar Idul fitri saja. Selain itu, ada banyak tipe zakat seperti zakat maal, emas dan perak, perdagangan, dan ternak.

    Apakah itu Zakat Pendapatan?


    Untuk beberapa karyawan, ada yang bernama zakat pendapatan. Zakat ini terhitung dalam zakat maal yang dari harta yang didapat sesuai aturan Islam. Sama sesuai namanya, zakat pendapatan diambil dari penghasilan teratur seorang berbentuk upah bulanan, THR, gaji harian, atau bonus.

    Mereka yang punyai tugas dan mendapatkan uang dapat menyisihkan pemasukannya untuk zakat pendapatan.Lalu, berapakah % zakat pendapatan? Jumlah zakat pendapatan yang dibayar ialah 2.5% dari keseluruhan pendapatan.

    Untuk tahu langkah hitung zakat pendapatan, awalnya kamu harus tahu mengenai nisab. Karena besaran zakat pendapatan yang dikeluarkan ikuti ketetapan nisab. Nisab ialah batasan harta harus terkena zakat. Umumnya dihitung berdasar harga emas atau beras.

    Nisab zakat pendapatan sekarang ini sejumlah 522 kg beras atau 85 gr emas. Jika keseluruhan pendapatan melewati jumlah nisab itu karena itu kamu harus bayar zakat pendapatan. Dan, untuk pendapatan di bawah jumlah nisab tidak diharuskan bayar zakat pendapatan.

    Zakat pendapatan mempunyai beberapa fungsi. Secara agama, zakat pendapatan bisa juga bersihkan harta dan hati. Disamping itu, yang paling berasa ialah peranan menolong sama-sama yang memerlukan dan tingkatkan jiwa sosial.

    Langkah Hitung Zakat Pendapatan


    Kamu dapat pakai rumus sederhana. Zakat pendapatan ialah 2.5% dari jumlahnya pendapatan. Karena itu misalkan, Ayu mempunyai upah bulanan sekitar 10 juta. Harga beras 1 kg ialah 10 ribu, selanjutnya dikalikan nisab 522 kg.

    Bila diuangkan, besar nisabnya capai Rp. 5.220.0000. Pendapatan Ayu sudah melalui batasan nisab. Maka Ayu harus bayar zakat pendapatan sejumlah 2.5% dari upah karena pendapatannya melewati jumlah nisab. Berapakah zakat pendapatan yang perlu dibayarkan Ayu?

    Perhitungannya:

    Upah bulanan: 10,000,000

    Zakat pendapatan: 2.5%

    2.5% x 10,000,000 = 250,000

    Karena itu, berdasar langkah hitung % zakat pendapatan, zakat pendapatan yang perlu Ayu bayarkan ialah sejumlah Rp250,000. Saat ini coba kalkulasi berapakah penghasilan kamu tiap bulan dan pakai sistem penghitungan zakat seperti tadi.

    Semoga tiap tahunnya kita diberi keringanan dan peluang untuk dapat semakin bertambah banyak bayar zakat.


    Pencarian yang banyak dicari:
    • langkah hitung zakat
    • cara hitung zakat
    • zakat pendapatan 
    • cara hitung zakat pendapatan yang tepat
    • zakat fitrah
    • zakat maal
    • zakat emas
    • zakat perak
    • zakat perdagangan
    • zakat ternak
    • wajib zakat harus nisab
    • fungsi zakat



    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini