-->

Iklan

Bening Banget, Mata Air Cimincul di Subang

4 Juli 2020, 15:26 WIB Last Updated 2020-07-04T08:35:18Z
Mata Air Cimincul Subang, Beningnya luar biasa sehingga mata air ini dijadikan bahan baku air mineral juga tersedia kolam renang untuk menikmati beningnya air tersebut. 

Terbukti semakin banyak destinasi wisata tersembunyi yang tiba-tiba muncul dan populer di sosial media. Sebut saja popularitas Tebing Keraton yang belum juga surut, Situ Cilembang hingga Umbul Manten Klaten yang masih menyisakan misteri. Kini muncul kembali sebuah tempat yang memiliki potensi wisata di Subang. Mata Air Cimincul di Subang ini sebening Situ Cilembang Sumedang dan Umbul Manten di Klaten.

Photo by instagram.com/indra-paregar

Dalam bahasa Sunda, warga kerap menyebut sumber mata air dengan Sirah. Misalnya seperti Sirah Cilembang. Sedangkan dalam bahasa Jawa, warga kerap menyebut sumber mata air dengan Umbul yang artinya menyembul keluar. Destinasi mata air memang kini cukup meroket popularitasnya. Karena pesona jernihnya air merupakan pesona yang langka saat ini. Wajar saja jika banyak yang memburu tempat-tempat tersembunyi berupa mata air ini.




Alamat Mata Air Cimincul di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Nah, mungkin karena sudah cukup modern, sumber mata air ini memang sudah dinamai dengan mata air Cimincul. Jika ditelaah lagi sebetulnya Cimincul ini berasal dari bahasa Sunda. Menurut warga sekitar Cimincul ini berasal dari dua kata Cai Mincul yang berarti air yang timbul.

Photo by instagram.com/yuk.piknik
Tak heran jika di Jawa Barat banyak daerah yang berawalan nama Cai yang berarti Air. Banyak sekali kan yang pernah kamu ketahui terutama nama kabupaten di sekitar Bandung. Misalnya seperti Cimahi, Cimindi, Ciburial, dan lain sebagainya. Bisa jadi dulu, daerah tersebut juga terdapat mata air yang dijadikan sebagai sumber kebutuhan air masyarakat, namun seiring populasi masyarakat yang meningkat mata air itu kemudian surut dan menghilang. Jika anda menemukan mata air seperti ini sudah seharusnya dirawat dan dilestarikan keberadaannya.
Baca Juga ;  Wisata Air Terjun di Lembah yang Rimbun 

Photo by instagram.com/kotasubang

Mata Air Cimincul boleh dibilang merupakan destinasi wisata tesembunyi di Subang. Awas..! jangan ketuker antara Subang dan Sumedang itu lokasi yang berbeda. Jadi jangan sampai kalian nyasar ke Sumedang buat nyari mata air Cimincul ini. Namun, Subang dan Sumedang ini jaraknya tidak terlalu jauh kok. Subang bisa diakses dari Bandung atau melalui Tol Cipali dari exit gate Kalijati.

Photo by instagram.com/indra-paregar

Mata Air Cimincul ini memang saat ini sudah diketahui beberapa wisatawan khususnya dari Subang. Padahal dulunya mata air ini jarang sekali dikunjungi. Namun, keberadaan mata air ini bisa menjadi berkah bagi warga sekitar. Utamanya memang memberikan pemasukan dari sektor pariwista. Saat ini memang sudah banyak beberapa warung yang berjualan. Namun, mata air Cimincul ini belum dikelola secara profesional.

Selain mata air Cimincul di desa yang sama Pasanggrahan, Kasomalang, terdapat mata air Kasumber. Wuiiihhh beningnya juara banget deh. Lihat saja sendiri. Beningnya gak kalah dengan mata air yang berada di Klaten seperti umbul Ponggok dan Umbul Manten.

Photo by instagram.com/maulins64

Mata Air Kasumber ini pun tidak kalah jauh dengan Umbul Ponggok dan Umbul Manten Klaten. Dasarnya dipenuhi dengan batuan dan pasir yang terkesan seperti berada di lautan. Tak perlu jauh-jauh ke laut untuk berfoto underwater dengan aman. Di Mata Air Kasumber ini anda bisa selfie. Hasilnya pun tak mengecewakan. Wajah dan ekpresi anda akan dengan mudah terekam di kamera. Pastikan kamera kalian anti air yah.
Baca Juga ; Asyik, Menarik, Wisata Terbaik Pangandaran

Photo by instagram.com/siregarsapta

Meski Mata air cimincul ini belum dikelola secara propesional namun sumber mata air ini sudah mulai diatur dengan tersedianya penampungan.
Komentar

Tampilkan

Terkini