-->

Iklan

Menarik, 9 Objek Wisata Terbaik di Pangandaran

4 Juli 2020, 13:54 WIB Last Updated 2020-07-04T07:01:05Z
Wisata Alam Pangandaran - Cocok untuk refreshing  setelah lelah dengan aktifitas sehari-hari, terutama pada saat liburan tiba. Mendatangi  suasana tenang mungkin dirasa sangat diperlukan.

Pangandaran  terletak di daerah Ciamis yang dikenal sebagai destinasi wisata pantai. Dengan pantainya yang indah, biaya yang murah, dan akses mudah untuk mencapai daerah tersebut, Pangandaran telah lama menjadi tujuan wisata favorit wisatawan dalam maupun luar negeri. 

Tak kalah dengan daerah-daerah lain , wisata di Pangandaran tak hanya didominasi pantai-pantainya saja Ada banyak pilihan tempat wisata di Pangandaran lainnya yang bisa anda nikmati jika berkunjung ke daerah yang satu ini. Cobalah anda simak destinasi tempat wisata terbaik di Pangandaran berikut:


1. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu | Sumber gambar: Flickr

Alternatif wisata pantai di Pangandaran yang tak kalah menarik untuk kamu jelajahi adalah Pantai Batu Hiu yang berlokasi di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pangandaran Selatan. Berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Pangandaran, ombak di kawasan wisata Pangandaran satu ini relatif cukup berbahaya sehingga kamu tak diperbolehkan untuk berenang ataupun beraktivitas terlalu dekat dengan perairan di pantai ini. Namun, tempat wisata di Pangandaran ini terkenal akan keindahan panorama sunset-nya.

2. Cukang Taneuh

Cukang Taneuh (Green Canyon) | Sumber gambar: Wikimedia

Cukang Taneuh atau terkenal dengan julukan Green Canyon Pangandaran menawarkan pemandangan air terjun, tebing, dan gua yang menawan di daerah Kertayasa. Untuk mencapai objek wisata di Pangandaran populer satu ini, kamu harus menyewa sebuah perahu kayuh dari dermaga Ciseureuh. Perjalanannya sendiri memakan waktu kurang lebih 30-45 menit dengan jarak mencapai 3 km. 

Sepanjang perjalanan menuju Cukang Taneuh, kamu akan disuguhi pemandangan yang teduh dengan air sungai berwarna hijau. Beberapa aktifitas yang bisa kamu lakukan di tujuan wisata di Pangandaran satu ini adalah body rafting, panjat tebing, berenang, atau menaiki sampan sambil memancing.
Baca Juga ; Wisata Curug di Tasik Malaya


3. Curug Citumang

Curug Citumang | Sumber gambar: Jabar Today

Meski lokasinya cukup terpencil dan belum banyak diketahui orang, Curug Citumang merupakan salah satu destinasi wisata Pangandaran terbaik yang dapat kamu kunjungi. Terletak di bagian barat Desa Bojong, Pangandaran, Curug Citumang merupakan aliran sungai yang membelah hutan dengan debit aliran sedang. 

Untuk mencapai destinasi tempat wisata di Pangandaran ini, kamu bisa berkendara menggunakan kendaraan pribadi atau ojek yang tersedia. Fasilitas di sekitar kawasan Curug Citumang terbilang cukup memadai dengan tempat berteduh yang bisa kamu gunakan untuk berpiknik. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini adalah berenang, body rafting, atau bersantai di sekitaran sungai.

4. Pantai Madasari

Pantai Madasari | Sumber gambar: Humas Kabupaten Pangandaran

Pantai Madasari terletak di Dusun Madasari, Desa Masawah, tepatnya di ujung sebelah barat Kabupaten Pangandaran. Destinasi wisata di Pangandaran ini masih termasuk alami dan jarang dikunjungi wisatawan. Meski demikian, pantai ini memiliki fasilitas umum yang terbilang cukup memadai seperti mushola, area parkir dan toilet. Buat kamu yang bosan berkemah di Gunung, kamu bisa mencoba berkemah di area wisata Pangandaran satu ini. Pantai Madasari sendiri sering dijadikan tempat berkemah karena memiliki fasilitas camping ground yang cukup lengkap.


5. Batu Lumpang Garden

Batu Lumpang Garden | Sumber gambar: Traveloka Xperience

Dikenal juga dengan nama Grand Cliff atau Tebing Agung, Batu Lumpang Garden menjadi destinasi wisata terbaru di Pangandaran yang tak kalah menarik dari Green Canyon. Destinasi tempat wisata Pangandaran ini terbilang jauh lebih mudah diakses dibandingkan Green Canyon. 

Berjarak sekitar 26 kilometer dari Pantai Pangandaran, tepatnya di Dusun Dukuh 1, Desa Parakanmanggu, tujuan wisata di Pangandaran ini berada di kawasan batuan kapur dan menyuguhkan pemandangan unik dengan topografinya yang khas nan eksotis

6. Goa Sinjang Lawang

Goa Sinjang Lawang | Sumber gambar: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat

Destinasi wisata terbaik Pangandaran lainnya adalah Goa Sinjang Lawang. Berlokasi di Dusun parinengan, Desa Jadimulya, Langkap Lancar, Goa Sinjang Lawang memiliki panjang 500 meter yang dilewati oleh aliran Sungai Cijulang. Objek wisata di Pangandaran ini diberi nama Sinjang Lawang karena terdapat ukiran batu mirip batik yang tercipta alami di dinding mulut goa. Ukuran batu tersebut membentuk motif batik khas masyarakat Sunda yang biasa ditemukan di kain sinjang atau sarung.

Goa Sinjang Lawang memiliki lebar 65 meter dengan ketinggian 60 meter. Menjelajahi temapt wisata di Pangandaran ini dapat dilakukan dengan berenang menggunakan pelampung, helm, head lamp, dan ban karet yang disediakan pemandu wisata. Sepanjang 500 meter di dalam goa, kamu akan melihat fenomena alam di dinding dan stalaktit goa yang sangat mempesona
7. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas | Sumber gambar: Kadin Kabupaten Pangandaran

Pantai Batu Karas yang bisa menjadi destinasi wisata di Pangandaran yang tepat untukmu. Terletak di Desa batu Karas, Cijulang, Pangandaran, Pantai Batu Karas yang memiliki ombak cukup besar merupakan pilihan favorit peselancar domestik maupun mancanegara. 

Wisata pantai di Pangandaran ini memiliki pasir berwarna hitam dan sering menjadi tempat pilihan untuk melihat pemandangan tenggelamnya matahari yang indah. Fasilitas di objek wisata Pangandaran ini terbilang cukup lengkap. Kamu bisa mendapati lahan parkir yang cukup luas, ada tempat penyewaan papan peselancar dan ban renang sewaan, tempat penyewaan Banana Boat dan sejumlah penginapan terbaik.


8. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih Pangandaran | Sumber gambar: Pixabay

Salah satu destinasi wisata favorit dan ikon kawasan Pangandaran adalah Pantai Pasir Putih. Terletak di Cagar Alam Pananjung, Kabupaten Ciamis, destinasi wisata Pangandaran ini menyuguhkan para pendatangnya pemandangan indah khas negara tropis. 

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan adalah bersantai di pinggir pantai, berenang, menyelam, atau bersepeda sepanjang pantai. Salah satu spot foto terbaik di tempat wisata di Pangandaran ini adalah kapal karam yang terkenal. Untuk mencapai pantai ini, kamu bisa melewati Cagar Alam Pananjung yang indah dengan keanekaragaman flora dan faunanya. Hanya saja, perlu diingat kalau cagar alam ini hanya beroperasi hingga jam 5 sore.


9. Curug Jambe Anom

Curug Jambe Anom | Sumber gambar:  Desa Purbahayu

Destinasi wisata air terjun lainya yang bisa kamu temukan di Pangandaran adalah Curug Jambe Anom. Objek wisata di Panggandaran yang berada di lokasi yang cukup tersembunyi di Purbahayu, Pangandaran, Ciamis. 

Mengalir cukup tinggi diantara bebatuan yang masih sangat alami, suasana yang ditawarkan oleh destinasi wisata di Pangandaran satu ini sangat menyegarkan dan juga menenangkan.

Anda tertarik untuk menikmatinya !


Komentar

Tampilkan

Terkini