• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SD/MI Tahun 2023

    Admin One
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga
    Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SD/MI Tahun 2023 - Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah ajang kompetisi yang diadakan setiap tahun untuk mengukur kemampuan siswa dalam bidang sains. 

    Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN)


    OSN juga menjadi salah satu cara untuk memotivasi siswa dalam belajar dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. OSN diikuti oleh siswa-siswi jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). 

    Pada tahun 2023, OSN jenjang SD/MI akan kembali diselenggarakan dengan beberapa pedoman yang harus diperhatikan oleh siswa dan guru dalam persiapan menghadapi kompetisi tersebut.

    OSN bagi jenjang SD/MI adalah kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam berbagai bidang sains dan teknologi. Artikel ini akan membahas tentang pedoman OSN jenjang SD/MI tahun 2023.

    Apa itu OSN?


    OSN adalah ajang kompetisi sains dan teknologi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi setiap tahunnya. OSN diikuti oleh siswa dari jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK sederajat.

    Tujuan OSN bagi Jenjang SD/MI


    Tujuan utama OSN bagi jenjang SD/MI adalah untuk:

    • Mengembangkan kemampuan siswa dalam berbagai bidang sains dan teknologi
    • Mendorong siswa untuk lebih berprestasi dalam bidang sains dan teknologi
    • Meningkatkan minat siswa dalam bidang sains dan teknologi
    • Memperluas wawasan siswa tentang dunia sains dan teknologi


    Tanggal Pelaksanaan OSN Jenjang SD/MI Tahun 2023


    Pelaksanaan OSN jenjang SD/MI tahun 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 15-17 Mei 2023.

    Syarat dan Ketentuan Peserta OSN Jenjang SD/MI Tahun 2023


    Untuk dapat mengikuti OSN jenjang SD/MI tahun 2023, peserta harus memenuhi syarat dan ketentuan berikut:

    • Siswa aktif jenjang SD/MI
    • Tidak sedang dalam masa hukuman disiplin sekolah

    Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi telah mengeluarkan Pedoman Olimpiade Sains Nasional Jenjang SD/MI Tahun 2023. 

    Penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa, tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh kiat suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya. 

    Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan Matematika dan IPA yang kuat sejak dini. 

    Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. 

    Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendidikan ke depan.

    Menindaklanjuti hal di atas Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang Matematika dan IPA antara lain melalui penyelenggaraan kompetisi Matematika dan IPA yang dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional-Sekolah Dasar (OSN-SD).

    Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. 

    Selain itu melalui kegiatan OSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh kompetisi. 

    Selain itu melalui kegiatan kompetisi ini sekaligus untuk mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan mencipta teknologi di masa depan.

    Semoga Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional- Sekolah Dasar (OSN-SD) ini menjadi pedoman bagi daerah dalam mengikuti kompetisi dan pusat dalam melaksanakan kompetisi. 

    Untuk informasi selengkapnya terkait dengan Juknis/Pedoman Olimpiade Sains Nasional Jenjang SD/MI Tahun 2023 dapat kalian unduh disini.



    Demikian informasi tentang Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SD/MI Tahun 2023, semoga dapat bermanfaat.


    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +