• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Makanan Khas Lebaran Yang Tervaforit, Berikut Daftar Harganya

    GSN
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga

    GARUTSELATAN.NET -  Lebaran atau hari raya Idul Fitri merupakan hari raya bagi umat Islam. Karena Indonesia adalah negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia yang menjadikan event lebaran ini sangat meriah di Indonesia.


    Makanan Khas Lebaran Yang Tervaforit


    Setelah melaksanakan sholat idul fitri, biasanya suatu tradisi bermaaf-maafan dan bersalam-salaman antar keluarga harus wajib dilakukan.


    Kemudian, keakraban antar keluarga kurang lengkap tanpa adanya makan bersama yakni menyantap ketupat dan opor ayam, yang sudah menjadi hidangan wajib saat lebaran.


    Namun, masih banyak lagi makanan khas lebaran yang harus ada di rumahmu saat hari lebaran tiba.


    1. Ketupat


    Makanan khas lebaran yang satu ini berasal dari beras ini merupakan makanan yang paling banyak diburu saat hari lebaran. Ketupat atau kupat merupakan makanan pengganti nasi yang berasal dari beras yang di masak sampai matang di dalam bungkus daun atau plastik.


    Ketupat sebenarnya adalah nasi yang di masak di dalam sebuah bungkus sehingga memiliki bentuk lebih padat. Ketupat juga di jadikan makanan khas di daerah lain seperi kupat tahu, kupat glabet, dan berbagai menu lain yang menggunakan kupat.


    Berapa lama waktu untuk merebus ketupat?

    "Kalau kita bicara tentang ketupat harus dimasak selama 3-4 jam," ujar Suwanta. Durasi perebusan ketupat terbilang cukup lama. Pasalnya, ketupat dimasak saat beras masih dalam keadaan mentah

     

    Ketupat banyak di jual di warung dan pasar tradisional dengan harga mulai dari Rp 1.000.


    2. Opor Ayam


    Makanan khas lebaran yang satu ini merupakan teman sejati dari ketupat. Opor ayam merupakan makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Tidak hanya pada hari lebaran, opor ayam juga banyak di konsumsi sebagai menu sehari-hari.


    Opor ayam merupakan makanan berkuah yang di buat dari daging ayam yang di rebus dalam kuah santan. Kuah santan untuk opor di buat dari  bumbu berupa santan kelapa, serai, kencur, kunyit dan garam.


    Kita juga dapat menemukan banyak sekali resep opor ayam yang bervariasi, dari berbagai macam resep yang dapat kita temukan di internet, ataupun di buku-buku resep.


    Opor biasanya di sajikan bersama dengan ketupat ataupun nasi.


    Opor juga dapat ditemui di warung dan restoran dengan harga mulai dari Rp 8.000 per porsi.



    3. Rendang


    Makanan yang berasal dari Padang ini merupakan makanan yang sudah mendunia. Makanan ini bahkan dikenal menjadi salah satu makanan terenak di dunia dari negara lain.


    Rendang biasanya bisa dibuat dari daging sapi atau kerbau menggunakan berbagai bumbu rempah. Makanan ini dihasilkan dari proses masak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa.


    Bumbu-bumbu yang biasanya digunakan pada rendang antara lain cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe dan bawang. Rendang memiliki cita rasa khas campuran dari berbagai macam rempah, namun rasa yang dominan adalah asin, manis, dan gurih.


    Rendang dijual di seluruh wilayah Indonesia mulai dari toko bahkan hingga rendang kaleng yang dapat tahan lama, dijual dengan harga mulai Rp 30.000.


    5. Semur


    Makanan yang berkuah ini adalah hidangan dari bahan daging yang di rebus yang diolah deengan kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap, bawang merah, bawang putih, pala dan rempah lain.


    Semur biasanya berisi daging sapi, ayam dan kentang. Isi dari semur juga bisa bermacam-macam seperti ditambahkan tempe, telur, tahu, ikan, dan bahan lain sesuai selera.


    Semur banyak di jual di warung dan restoran di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 15.000.


    6. Kue Nastar


    Siapa yang tidak tahu nastar? Nastar merupakan kue yang di sukai setiap orang yang bisa ditemui di setiap lebaran.


    Kue nastar adalah kue kering yang di buat dari adonan tepung terigu, mentega, telur, dan vanili. Nastar di bentuk bulat dengan ukuran sekitar diameter 2 sentimeter yang kemudian adonannya di isi selai buah nanas, coklat, stroberi, atau selai lain sesuai selera.


    Nastar biasanya disajikan di toples plastik yang dijual di toko oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp 25.000.


    Pencarian Yang Banyak di Cari : 

    • makanan lebaran khas jawa
    • makanan khas lebaran dari berbagai daerah
    • makanan lebaran khas betawi
    • makanan lebaran idul fitri
    • makanan lebaran khas sunda
    • kue khas lebaran di indonesia
    • makanan khas lebaran dari tepung beras
    • makanan khas lebaran terbuat dari beras



    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +