• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Kisah Misteri Keindahan Gunung Parang Yang Go Internasional, Ternyata Mengerikan!!!

    GSN
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga

    GARUTSELATAN.NET - Gunung Parang dikenal sebagai destinasi internasional. Namun gunung ini masih menyimpan misteri, termasuk tentang persemayaman orang sakti.


    Kisah Misteri Keindahan Gunung Parang Yang Go Internasional


    Gunung Parang, sebuah gunung yang berlokasi di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa barat. Gunung ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang sudah go internasional, dengan pendakian gunung menggunakan tangga besi dan hotel gantung di atas gunung.


    Namun siapa sangka, gunung batu dengan ketinggian mencapai 983 mdpl ini, memiliki sejarah yang melegenda zaman pada kerajaan Padjajaran. Banyak yang tak tahu, digunakan untuk apa tempat tersebut pada kala itu.


    Menurut Juru Kunci Gunung Parang, Wahyudin mengatakan, gunung ini awalnya bernama Gunung Barang Panser Tunggal, karena menurut cerita masyarakat pada zaman dulu, gunung ini tempat bikin senjata pusaka Prabu Siliwangi.


    "Gunung Barang ini adalah tempat pembuatan benda-benda atau senjata pusaka di zaman Kerajaan Padjadjaran, tempat pembuatan atau petapaannya ada di atas," ujar Wahyudin kepada detikcom di temui di sekitar rumahnya beberapa waktu lalu.


    Abah wahyu sapaan akrabnya menjelaskan arti kata gunung barang panser tunggal, barang berarti benda atau senjata, panser artinya berada di tengah-tengah Jawa Barat dan tunggal artinya satu atau bersatu diantara empu gunung ini.


    "Di Gunung Barang ada lima makam empu yakni Mak Eyang Barang, Mak Haji Bengker Buana Sakti, Mak Eyang Cakra Buana, Ibu Dewi Sekarwangi dan Dewi Cahya Sakti," katanya.


    Selain dari lima itu, ada yang pokok memiliki sejarah, yakni Raden Surya Kencana yang tak lain adalah cucu dari Prabu Siliwangi.


    Di atas gunung ini, terdapat benda-benda yang disebut menjadi barang bukti adanya petilasan para empu termasuk Raden Surya kencana, seperti adanya tumpukkan batu menyerupai bantal.


    "Makam Mak Eyang Barang, Dewi Sekarwangi dan Ibu Dewi Cahya Sakti sama patilasan Raden Surya kencana berada di atas yang sekarang pos 4. Kemudian makam Mak Haji Bengker Buana Sakti ada di yang sekarang menjadi pos 2," ungkap Abah.


    Makam-makam tersebut, lanjut dia menjadi tempat ziarah khususnya masyarakat di Jawa Barat untuk memanjatkan doa.


    Seiring perkembangan, Gunung Barang yang lebih dikenal dengan Gunung Parang menjadi tempat wisata sejak 2013.


    "Bukan hanya jadi tempat ziarah, tapi jadi tempat wisata," ujar abah yang juga pengelola wisata Gunung Parang jalur buhun.


    Pencarian Yang Banyak di Cari : 

    • sejarah gunung parang purwakarta
    • gunung lembu
    • sasakala pakujajar di gunung parang
    • gunung parang mdpl
    • hotel gunung parang purwakarta
    • tiket masuk gunung parang
    • mitos gunung parang purwakarta
    • pendakian gunung parang
    • sejarah gunung parang
    • gunung parang badega
    • wisata gunung parang purwakarta




    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +