• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Keistimewaan Bulan Ramadhan, Nomor 2 Paling Istimewa

    GSN
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga

    GARUTSELATAN.NET - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat islam di seluruh dunia. Pasalnya dalam bulan ramadhan ini, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, bahkan amal ibadah akan dibalas dengan balasan yang lebih banyak dibandingkan dengan hari diluar bulan ramadhan. 

    Keistimewaan Bulan Ramadhan, Nomor 2 Paling Istimewa


    Selain itu, salah satu malam dalam bulan ramadhan ini juga terdapat malam lailatul qodar. Yang mana malam lailatul qodar ini lebih baik dari seribu bulan. Dan banyak lagi keutamaan yang terdapat pada bulan ini, yuk simak penjelasan berikut:


    1. Bulan Diwajibkannya Puasa Sebulan Penuh


    Puasa ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim, kecuali bagi mereka yang memiliki udzur syar’i. Selain memiliki keutamaan dalam hal kesehatan, 


    mereka yang berpuasa dengan mengharap ridha Allah Ta'ala akan mendapatkan dua kebahagiaan, yaitu kebahagian ketika berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Allah Ta’ala pada hari akhir nanti. 


    2. Bulan Diturunkannya Al-Quran


    "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). 


    Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. 


    Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 185)


    3. Bulan Penuh Pengampunan


    keutamaan lain dari bulan Ramadhan yaitu bulan dimana pintu-pintu syurga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup. Oleh sebab itu, Allah Ta’ala mengampuni setiap orang yang bertaubat di bulan ramadhan ini. 


    “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari AllahTa’ala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari).


    4. Bulan yang Terdapat Malam Lailatul Qodar


    Apakah itu malam Lailatul Qodar? malam lailatul qodar adalah malam dimana Allah Ta’ala menurunkan ayat-ayat pertama dalam Al-Quran. 


    Pada malam lailatul Qodar ini, Allah Ta’ala juga menugaskan kepada malaikatnya untuk turun ke bumi dengan berbagai macam tugas, salah satunya yaitu memberkahi orang-orang yang beribadah kepada Allah Rabbul 'alamiin. 


    5. Dibelenggunya Setan-Setan


    “Ketika masuk bulan ramadhan maka setan-setan dibelenggu, pintu-pintu syurga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup.” (HR Bukhari dan Muslim).


    6. Bulan Dilipatgandakannya Pahala


    “Setiap amalan yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman, kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku, Aku sendiri yang akan membalasnya, disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan untuk-Ku. 


    Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan, yaitu kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketukan ia berjumpa dengan Allah Ta’ala. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum disisi Allah Ta’ala daripada bau minyak kasturi.” HR. Bukhari Muslim.


    Pencarian Yang Banyak di Cari : 

    • keistimewaan bulan puasa
    • keistimewaan bulan puasa ramadhan
    • sebutkan keistimewaan bulan puasa
    • keistimewaan puasa di bulan rajab
    • keistimewaan puasa di bulan dzulhijjah
    • keistimewaan puasa di bulan ramadhan
    • keistimewaan puasa bulan rejab
    • keistimewaan meninggal bulan puasa
    • keistimewaan puasa bulan muharram
    • keistimewaan puasa bulan dzulhijjah




    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini