• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Cara terbaik Memulai Investasi Rumah Yuk Mulai

    Garsel Net
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga
    Cara terbaik Memulai Investasi Rumah Yuk Mulai - Anda berencana investasi rumah untuk jangka panjang? Tak heran jika saat ini investasi properti semakin digemari. Harganya yang terus melambung seiring bergantinya tahun menjadi pertimbangan utama untuk memilih rumah sebagai ajang investasi.


    ilustrasi rumah



    Meskipun resiko kerugian dalam investasi rumah tidak begitu besar, Anda tetap harus jeli dalam menentukan tujuan dan pilihan properti. Jika masih ragu, yuk simak ulasan Prospeku mengenai keuntungan investasi rumah serta tips dan cara memulainya di bawah ini.



    Mengapa Harus Investasi Rumah?


    Setiap investor pasti memiliki tujuan sama yang ingin dicapai, yaitu keuntungan. Jika berbicara mengenai keuntungan, investasi rumah merupakan salah satu instrumen yang bisa di pilih. Bisnis ini cukup banyak dilirik, mengapa? Layaknya tanah, investasi rumah memiliki target market yang stabil bahkan dengan kebutuhan properti yang semakin bertambah.



    Keuntungan Investasi Rumah



    1. Harganya stabil dan cenderung naik


    Keuntungan investasi rumah yang paling dipertimbangkan adalah nilainya. Harga rumah tidak terpengaruh dengan adanya inflasi. Sehingga, meskipun nilai mata uang turun, Anda akan tetap bisa menjual rumah dengan nilai yang sama bahkan lebih tinggi. 


    Di indonesia sendiri, harga properti termasuk rumah bisa dibilang naik per tahunnya. Hal ini juga diiringi dengan semakin banyaknya orang yang mencari tempat tinggal.



    2. Ada wujud fisiknya


    Seperti yang kita tahu, rumah merupakan suatu bangunan yang berdiri kokoh di atas tanah dan dapat dilihat secara fisik. Berbeda dengan investasi saham yang berbentuk digital, salah satu keuntungan investasi rumah adalah kita bisa menempatinya. Bangunan ini juga bisa dimanfaatkan untuk kantor atau ruko.



    3. Kebutuhan akan properti semakin naik


    Semakin hari, makin banyak orang yang membutuhkan rumah. Entah itu untuk tempat tinggal, kantor start up atau ruko. Minimnya lahan, terutama di perkotaan membuat orang langsung mencari bengunan jadi alih-alih menari tanah untuk dibangun rumah. Tawaran-tawaran terhadap pembelian rumah juga selalu ada.



    4. Investasi jangka panjang


    Dikatakan sebagai investasi jangka panjang karena Anda bisa menjual rumah dalam waktu 10 atau 20 tahun kedepan bahkan lebih dari itu. Nilai jual rumah suit untuk turu, bahkan akan cenderung selalu naik hingga 10-15% setiap tahunnya. Bayangkan saja jika Anda menjual rumah dalam waktu 10 tahun kedepan, berapa keuntungan yang akan Anda dapatkan?



    5. Memperoleh pendapatan pasif


    Ketika Anda membeli rumah dengan tujuan investasi, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan secara pasif dari itu. Bagaimana caranya? Rumah tersebut bisa Anda sewakan atau dijadikan kos-kosan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penghasilan tetap secara pasif dari uang sewa setiap bulan atau tahun.



    Cara Investasi Rumah Bagi Pemula




    1. Siapkan keuangan


    Sebelum memutuskan untuk membeli rumah,siapkan keuangan yang cukup. Setidaknya, anda harus memiliki uang dingin yang cukup untuk membayar DP. Meskipun tujuan bei rumah untuk berinvestasi, namun Anda juga harus mempertimbangkan kebutuhan lain. Jadi, kelola keuangan Anda dengan baik sebelumya, ya!



    2. Mencari lokasi rumah yang strategis


    Memilih lokasi yang strategis adalah cara investasi rumah yang tidak boleh dilewatkan. Berbeda dengan rumah untuk tempat tinggal, jika tujuan Anda investasi maka harus mempertimbangkan lokasi yang strategis agar nilai jualnya lebih tinggi di kemudian hari. Selain itu, rumah dengan lokasi strategis banyak dicari pembeli.



    3. Pilih rumah dengan KPR


    Cara investasi rumah yang satu ini bisa Anda terapkan jika Anda berencana menggunakan rumah tersebut untuk sewa atau kos-kosan. Setelah Anda membayar uang muka, anda bisa menggunakan uang sewa bulanan untuk membayar angsuran cicilan.



    4. Tentukan uang muka


    Besaran uang muka yang Anda bayarkan berpengaruh pada angsuran rumah. Sebelumnya, Anda harus memastikan kebutuhan Anda di setiap bulannya. Pastikan Anda sanggup membayar keperluan dan angsuran rumah setiap bulannya. Jika tidak ingin terbebani dengan angsuran yang mahal, Anda bisa mengumpulkan modal lebih untuk membayar uang muka.



    5. Gunakan jasa agen properti


    Untuk memudahkan Anda mencari rumah yang cocok, Anda bisa menggunakan jasa agen properti. Agen properti tersebar di setiap daerah di Indonesia. Jika masih bingung mengenai agen properti, berikut Panduan Menggunakan Agen Properti untuk Anda.



    Tips Investasi Rumah yang Menguntungkan



    1. Pelajari capital gain


    Capital gain merupakan laba yang akan Anda peroleh dalam investasi. Adanya selisih harga jual yang lebih tinggi akan mendatangkan keuntungan bagi investor. Pada dunia properti, Anda akan mendapatkan capital gain dari cash flow tiap bulan jika rumah tersebut disewakan.



    2. Perbanyak riset mengenai properti


    Tips investasi rumah selanjutnya yaitu melakukan riset mengenai properti. Rumah seperti apa yang banyak diinginkan dan lokasi mana yang paling banyak diminati. Tidak hanya itu, segala urusan legalisir mengenai properti juga harus Anda pahami.



    3. Tetapkan tujuan rumah sebagai investasi


    Jika Anda memang berniat untuk investasi, maka Anda harus melakukan cara bagaimana rumah tersebut bisa menghasilkan keuntungan.



    4. Selektif dalam memilih rumah


    Ini menjadi tips investasi rumah yang wajib Anda perhatikan. Ketika hendak membeli rumah, Anda harus memastikan asal-usul dan status rumah tersebut. Jangan sampai, rumah itu menimbulkan masalah dikemudian hari. Bukannya untung, justru Anda bisa rugi besar bukan?



    5. Sesuaikan dengan momentum



    Momentum yang dimaksud disini adalah fase nilai jual properti. Meskipun cenderung naik, namun bisa saja properti mengalami penurunan di saat tertentu. Fase inilah yang harus Anda hindari. Pastikan Anda menjual rumah investasi di saat yang tepat agar tidak mendapatkan kerugian.




    Paling Banyak Dicari:


    • investasi rumah
    • investasi beli rumah
    • beli rumah dulu atau investasi dulu
    • keuntungan dan kerugian investasi rumah
    • investasi rumah kontrakan
    • investasi rumah subsidi
    • aplikasi investasi rumah
    • contoh investasi properti
    • investasi rumah
    • investasi beli rumah
    • investasi rumah kontrakan
    • beli rumah dulu atau investasi dulu
    • keuntungan dan kerugian investasi rumah
    • aplikasi investasi rumah



    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini