• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Bagaimana Cara Mengobati dan Mencegah Penyakit Maag? Berikut Penjelasannya

    GSN
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga

    GARUTSELATAN.NET - Mungkin Anda pernah merasakan perut dalam kondisi yang tidak nyaman atau nyeri. Biasanya kondisi perut yang tidak nyaman bisa Anda rasakan setelah mengonsumsi sesuatu, baik itu makanan atau minuman. Secara medis, keadaan seperti ini sering disebut sebagai penyakit maag atau gastritis yang menimbulkan sindrom dispepsia


    Cara Mengobati dan Mencegah Penyakit Maag


    Dispepsia merupakan gejala yang menyerang sistem pencernaan, lebih tepatnya bagian lambung. Saat gejala dispepsia berlangsung, saluran pencernaan akan mengalami kesulitan untuk mencerna makanan. 


    Penyebab maag ada beberapa faktor. Mulai dari luka pada tukak lambung atau lambung bagian dalam, infeksi bakteri, dan stres. Maag termasuk penyakit yang bisa disembuhkan tanpa perlu bantuan dari medis. Dengan catatan, harus dilihat dulu tingkat keparahan hingga lamanya Anda terserang penyakit ini. Berikut cara mengobati dan mencegah penyakit maag yang bisa Anda praktikkan sendiri.


    Tips Mengobati dan Mencegah Penyakit Maag


    Cara Mengobati Sakit Maag

    Padatnya aktivitas sehari-hari kadang bisa membuat Anda lupa untuk memperhatikan pola istirahat dan pola makan yang baik. Padatnya pekerjaan pun bisa memicu emosi yang tidak terkontrol hingga menyebabkan stres.


    Beberapa faktor ini bisa memicu Anda mengalami penyakit maag. Tak hanya nyeri di perut, Anda mungkin akan merasakan gejala penyakit maag lainnya, seperti perut bagian atas terasa panas. Kemudian mual dan kembung. Berikut cara mengobati maag dengan gejala ringan.


    • Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein maupun alkohol.
    • Kurangi konsumsi makanan pedas, asam, serta berlemak.
    • Mencoba pola makan dengan porsi kecil, namun dengan intensitas 5-6 kali makan setiap hari.
    • Pastikan istirahat atau tidur malam yang cukup, kurang lebih 7 jam.
    • Selain itu, cobalah berolahraga dengan teratur agar tubuh anda tetap fit


    Jika diamati, untuk gejala ringan, Anda hanya perlu memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat dan teratur. Akan tetapi berbeda apabila penyakit maag Anda sudah tergolong parah. Anda harus mendapatkan penanganan medis yang tepat agar cepat sembuh.


    Cara Mencegah Sakit Maag

    Sakit maag atau gastritis lebih mudah menyerang jika Anda menganut gaya hidup yang tidak sehat. Seperti apa lifestyle yang tidak sehat ini? Misalnya sembarang dalam memilih makan atau minuman. Lalu kurang beristirahat dan jarang atau hampir tak pernah berolahraga.


    Secara garis besar, penyakit maag terbagi menjadi dua jenis. Maag akut yang penyebabnya bisa tidak diketahui dan maag kronis. Sementara dari tingkat keparahannya, gastritis terbagi empat. Apa saja? Maag ringan, maag sedang, maag kronis, serta kanker lambung. Untuk yang kronis dan kanker, tentu saja bisa membahayakan nyawa jiwa tidak segera mendapat perawatan medis.


    Perlu diingat, meskipun Anda pernah mengalami maag ringan dan berhasil sembuh, namun penyakit dengan sindrom dispepsia ini bisa kembali menyerang Anda kapan saja. Hal ini bisa terjadi saat Anda melalaikan penerapan gaya hidup sehat. Dengan kata lain, Anda perlu melakukan pencegahan agar penyakit maag ini tidak menyerang kembali. Berikut ulasannya.


    • Menghindari pantangan penyakit maag, mulai dari makanan hingga minuman yang bisa memicu.
    • Memperhatikan berat badan untuk tetap ideal. Namun, Awas, Jangan Asal Diet! Karena Diet Sehat dengan Defisit Kalori Bukan Defisit Zat Gizi.
    • Jangan berolahraga saat perut kenyang.
    • Berikan jeda 2-3 jam setelah makan untuk lanjut berbaring.
    • Kurangi penggunaan obat antiinflamasi non steroid (OAINS).
    • Lebih pelan saat mengunyah makanan.
    • Belajar metode untuk mengontrol emosi. Anda bisa mempelajarinya dengan mengikuti kursus online di QuBisa. Ada banyak webinar gratis dan kursus online gratis yang bisa membantu Anda dalam mengelola stres, mencegah stres, hingga mengubah emosi negatif dengan pikiran positif.


    Anda bisa berlatih dan menerapkan cara pencegahan di atas agar terhindar dari sakit maag. Selain mencegah terkena maag, kebiasaan tersebut juga bisa melatih Anda untuk menerapkan gaya hidup yang lebih baik.


    Pencarian Yang Banyak di Cari :

    • cara Mengobati dan Mencegah Penyakit Maag
    • cara mengobati penyakit maag
    • cara mengatasi penyakit maag dengan
    • cara mengobati maag dengan cepat
    • cara mengobati obat maag
    • cara mengobati maag kronis



    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +