• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Terkini! Malaysia Daftarkan Kain Songket Sebagai Warisan Budaya ke UNESCO

    Garsel Net
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga
    Terkini! Malaysia Daftarkan Kain Songket Sebagai Warisan Budaya ke UNESCO - Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Himar Farid mengungkapkan, bahwa saat ini Malaysia tengah mendaftarkan songket sebagai warisan budaya ke UNESCO dan tengah menunggu hasil dari persidangannya.

    Malaysia Daftarkan Kain Songket Sebagai Warisan Budaya ke UNESCO



    Bagi masyarakat yang ingin mengunjungi pameran virtual songket dapat langsung mengunjungi laman https://www.pameransongketindonesia.id/ untuk melihat beraneka ragam songket yang dimiliki Indonesia. 



    “Kita mendapatkan informasi bahwa saat ini Malaysia sudah mengusulkan songket sebagai warisan budaya dari UNESCO, dan sidangnya sedang berlangsung dan menunggu hasilnya,” kata Hilmar saat Pembukaan Pameran Virtual Songket Indonesia, Selasa (14/12/2021).


    Untuk itu, Indonesia mengambil langkah untuk menggelar pameran songket ini agar dapat menyampaikan kepada khalayak bahwa sejarah songket Indonesia ini sangat panjang dan beragam.

    Agar kelestarian songket Indonesia tetap terjaga maka Direktorat Jenderal Kebudayaan bersama Kemendikbudristek mengadakan Pameran Virtual Songket Indonesia Connecting the Universe.


    “Saya berharap dengan adanya pameran ini kita bisa menambah wawasan dan juga informasi mengenai songket kepada khalayak kita di Indonesia,” ujarnya.


    Kemendikbudristek menggelar Pameran Virtual Songket Indonesia.  Pameran ini diselenggarakan agar masyarakat dapat mengetahui berbagai macam songket yang dimiliki Indonesia serta dapat melestarikan warisan budaya tak benda yang dimiliki Indonesia.


    “Perlu kita tahu bahwa tradisi tenun ini memiliki usia yang sangat panjang di Indonesia, terdapat berbagai macam bentuk dan juga teknik. Salah satu teknik yang sangat memukau yaitu adalah songket,” tuturnya.





    Hilmar juga mengatakan, bahwa tradisi songket banyak sekali dijumpai di berbagai macam daerah dengan berbagai macam pola. Warna keemasan dan perak yang ada pada songket merupakan pengaruh dari India dan juga Tionghoa.


    “Warna keemasan dan perak merupakan pengaruh dari India dan Tionghoa, sehingga menandakan songket ini juga merupakan produk dari aksi budaya yang luar biasa,” ungkapnya.


    Melalui Kemendikbudristek, Indonesia telah melakukan sejumlah langkah perlindungan terhadap sejumlah songket, hingga telah ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda dari Indonesia.

    Hilmar menyebutkan, terdapat songket Sambas yang telah ditetapkan pada tahun 2013, songket Pandai Sikek (2014), Bali (2018), dan terakhir Silungkang (2019).



    Paling Banyak Dicari:


    • Batik
    • Batik songket palembang
    • claim malaysia dari indonesia
    • malaysia vs indonesia
    • keindahan batik indonesia
    • artis yang claim batik
    • batik indonesia 2020,2021,2022



    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini