• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Kisah Misteri Sungai Citarum, Sungai Terpanjang di Jawa Barat

    GSN
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga

    GARUTSELATAN.NET - Citarum merupakan sungai terpanjang dan terbesar di wilayah Pasundan, tepatnya Provinsi Jawa Barat. Sungai Citarum merupakan sungai yang memiliki nilai sejarah di tataran Sunda pada era kejayaan Kerajaan Tarumanegara. Sungai yang membentang sepanjang 300 kilometer ini memang menyimpan sejarah dan misteri.


    Kisah Misteri Sungai Citarum


    Berikut ini beberapa fakta dan misteri Sungai Citarum.


    1. Munding Dongkol, Penunggu Sungai Citarum


    Misteri Sungai Citarum yang berikutnya berhubungan dengan makhluk yang diyakini sebagai penunggu Citarum. Meskipun cerita ini masih sekedar mitos belaka, tetapi banyak masyarakat yang mempercayai keberadaan Munding Dongkol, makhluk berupa siluman kerbau yang tinggal di sungai ini.


    Munding Dongkol digambarkan sebagai sosok siluman kerbau yang tanduknya patah dan terlihat menggelantung ke bawah. Kemunculan Munding Dongkol biasanya adalah suatu pertanda bahwa air sungai akan meluap dan menyebabkan banjir. Konon, Munding Dongkol akan terlihat berenang di tengah sungai dari arah hulu ke titik batas kekuasaannya.


    Meskipun tak pernah ada yang melaporkan bahwa Munding Dongkol ini mengganggu manusia, tetapi tentu saja kita akan merasa kaget sekaligus merinding jika benar-benar melihat sosok aslinya.


    2. Ikan Aneh di Sungai Citarum


    Di tahun 2008, warga Kampung Cikarees, Bojong Soang, Bandung digegerkan dengan penemuan ikan aneh berukuran tak lazim di Sungai Citarum. Seorang saksi mata yang bernama Sorihin mengaku menemukan ikan sepanjang 1,8 meter dengan berat 90 kilogram terdampar di bantaran sungai, tepatnya di bawah Jembatan Bojong Soang.


    Ketika melihat ikan berwarna hitam di dekat perahunya, Sorihin langsung berinisiatif untuk memindahkan ikan tersebut ke daratan. Saat dipindahkan, ikan raksasa itu sudah dalam kondisi mati. Kabar mengenai penemuan ikan raksasa sempat membuat warga setempat berpikir yang tidak-tidak.


    Mereka berpikir bahwa ikan yang mati tersebut adalah ikan siluman. Namun selain penasaran, warga juga tertarik untuk memotong ikan tersebut. Akan tetapi, Sorihin melarangnya karena belum tentu daging ikan tersebut aman untuk dimakan.


    Usut punya usut, misteri Sungai Citarum mengenai keberadaan ikan aneh ini mulai terpecahkan. Akhirnya, warga pun mengetahui bahwa sebenarnya jenis ikan itu adalah ikan kantrah atau bahasa latinnya adalah arafianabidas. Jadi, mitos seputar ikan siluman yang mati di Sungai Citarum tidak benar.


    Baca Juga : Hutan Larangan Jawa Barat Yang Kental Dengan Cerita Mistis


    3. Keberadaan Siluman Ular Gaib


    Misteri Sungai Citarum mengenai Munding Dongkol sudah cukup membuat bulu kuduk merinding. Namun ternyata makhluk gaib yang ada di sungai tersebut bukan hanya Munding Dongkol. Ada siluman ular yang dipercaya juga menghuni sungai ini.


    Wujud dari siluman ular ini adalah ukurannya sangat besar, warnanya hitam, dan ada lingkaran putih menyerupai kalung di bagian leher ular ini. Itulah sebabnya siluman ular ini dikenal dengan nama Raden Kalung.


    Siluman ular ini berada di Sungai Citarum bukan tanpa sebab. Konon, siluman ini dulunya adalah seorang putra bupati di wilayah setempat. Namun sosoknya berubah menjadi ular setelah dirinya mengawini perempuan dari bangsa jin. Menurut cerita yang beredar luas di masyarakat, Raden Kalung menjadi penguasa gaib di Sungai Citarum atas perintah ayahandanya sendiri.


    Tak ada bukti konkrit yang dapat membuktikan keberadaan Raden Kalung di Sungai Citarum. Akan tetapi, warga setempat masih mempercayai cerita turun termurun dari nenek moyang mereka.


    4. Tempat Bunuh Diri atau Penemuan Mayat


    Kasus bunuh diri di Sungai Citarum memang tidak banyak, tapi ada saja beberapa kasus bunuh diri yang menarik perhatian masyarakat. Misteri Sungai Citarum sebagai lokasi bunuh diri yang cukup favorit ini memang sedikit mengerikan. Apalagi jika Anda termasuk orang yang percaya bahwa arwah orang yang meninggal bunuh diri akan gentayangan di tempatnya bunuh diri.


    Kasus bunuh diri di Sungai Citarum yang pernah terjadi adalah ketika seorang karyawan rumah makan, Aang (19), memilih untuk lompat dari jembatan di atas Sungai Citarum untuk bunuh diri. Menurut teman Aang, pemuda tersebut memang sempat curhat mengenai masalah yang dihadapinya dan berpikiran untuk bunuh diri. Jenazah Aang ditemukan 6 kilometer dari tempatnya bunuh diri dan terdapat luka akibat benturan di kepalanya.


    Selain kasus bunuh diri yang dilakukan oleh Aang, awal Juni 2018 lalu masyarakat di dekat Sungai Citarum digegerkan dengan penemuan jenazah seorang pria. Kala itu, saksi yang menemukan jenazah sedang mengikuti kompetisi memancing.


    Ketika kailnya terkait sesuatu, saksi mengira ia telah mendapatkan ikan. Namun ikan tersebut sangat berat ketika diangkat bersama-sama. Setelah berhasil mengangkat kail, betapa kaget saksi ketika melihat ada jenazah pria yang tersangkut di kailnya.


    Baca Juga : Cerita Misteri dibalik Indahnya Gunung Puntang Bandung


    5. Kemunculan Buaya yang Meresahkan Warga


    Anda pasti tahu bahwa Sungai Citarum adalah sumber kehidupan bagi sebagian masyarakat yang tinggal di dekat sungai. Akan tetapi, baru-baru ini warga diresahkan dengan kemunculan buaya di Sungai Citarum.


    Buaya ini kadang terlihat berjemur di tepi sungai. Namun kadang masuk ke dalam sungai dan berenang sesuka hati. Tentu saja keberadaan buaya besar ini sangat meresahkan warga. Apalagi sebagian warga masih menggantungkan hidup pada Sungai Citarum.


    Demikian adalah Kisah Misteri Sungai, Citarum, Sungai Terpanjang di Jawa Barat  yang bisa kami sampaikan. Setelah mengetahuinya, apakah kamu masih berani bertandang ke sana?, atau malah semakin penasaran?



    Pencarian yang banyak dicari: 

    • penampakan raden kalung
    • kerajaan citarum
    • penguasa sungai citarum
    • sejarah sungai citarum dengan orang pekalongan
    • alur sungai citarum
    • denah sungai citarum
    • citarum bandung
    • karakteristik sungai citarum



    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +