• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Rekomendasi 14 Pondok Pesantren Terbaik Di Bandung

    GSN
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga

    Pesantren merupakan tempat yang paling membuat orang tua nyaman menempatkan anaknya di lembaga pendidikan. Harapan anak menjadi anak yang shaleh, berbakti, dan memiliki masa depan yang cerah. Kesempatan tersebut paling besar akan didapatkna jika anak ditempatkan di pesantren terbaik. Namun, hanya ada beberapa pesantren yang memiliki kualitas terbaik.


    Pesantren Terbaik dan Terbesar di Bandung Jawa Barat


    14 Pondok Pesantren Terbaik Di Bandung @Garut_selatan


    1. Pesantren Terbaik di Bandung: PP. Rojaul Huda Darun Nasya Lembang


    Posisi : Pasir Handap No. 18 RT. 01/14 Desa Pagerwangi Kec. Lembang Kab. Bandung Barat Prov. Jawa Barat


    Pesantren Terbaik di Bandung pertama adalah Pesantren Rojaul Huda. Sesepuh sekaligus pimpinan di pondok pesantren Darun Nasya KH, Taman Syahmutama,RH. Mempunyai visi yaitu mencetak santripreneur berjiwa pemimpin. Darun Nasya  memberikan beberapa Fasilitas tempat praktikum kewirausahaan  yang juga disebut unit bisnis Darun Nasya , Disana para santi diberikan pelatihan tentang  managerial kepemimpinan.


    Pondok pesantren Darun Nasya memiliki program ungulan, Diantaranya kelas kitab (Kitab Kuning), bahasa arab ,bahasa inggris ,bahasa korea,bahasa jerman , kelas Public speaking dan juga Tahfidz Al-quran.


    Selain itu ada metode majelis transfer ilmu yang diberikan setiap harinya secara langsung oleh pendiri pondok pesantren. Diharapkan dengan bekal program unggulan tersebut lulusan Pondok pesanteren mampu memberikan manfaat kepada masyarakat dengan bekal dan kemampuan yang dimilikinya .


    Kegiatan ekstrakulikuler yang ada dipondok pesantren Darun Nasya juga bermacam-macam diantaranya adalah futsal, marawis ,teater, karya tulis,pecinta alam,kaligrafi ,master chef, menjahit dan kegiatan lainya. Metode belajar di pondok Darun Nasya menggunakan metode pembelajaran dengan  sistem belajar berksinambungan melalui pendekatan kompetensi dan evaluasi yang dilakukan setiap satu bulan sekali.


    Dengan adanya fasilitas laboratorium komputer dan bahasa yang ada di dalam lingkungan pondok pesantren  menjadikan para santri menjadi lebih semangat belajar ,Selain itu beberapa pendidik yang sudah mempunyai gelar S1 dan S2,menjadikan kualitas para santri menjadi lebih berprestasi.


    2. Pondok Pesantren Hidayatullah Bandung


    Posisi : Jl. R.E Suwanda No. 18A Pasirleutik, Kel. Padasuka Kec. Cimenyan, Padasuka, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40192


    Skema edukasi di Pesantren Hidayatullah ialah sistem pesantren kekinian, yakni penggabungan mata ajaran umum dan mata ajaran khusus atau keislaman (diniyyah). Mata tuntunan umum sama dengan mata tuntunan pada sekolah – sekolah umum yang lain, misalnya matematika, fisika, kimia dan lain-lain. Mata ajaran khusus yakni mata tuntunan yang terkait dengan keislaman, misalnya aqidah, fiqih, bahasa arab, dan hafalan/tahfidz Al Qur’an, dan ada banyak kembali mata tuntunan lainnya, sesuai tingkatan pengajaran, pangkalan kapabilitas, dan  letak kampus.



    3. Pondok Pesantren Nurul Huda 

    Tempat : RT. 03 / RW. 06, Jl. Rancabentang No.116, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142


    Daftar Pesantren Terbaik di bandung Berikutnya adalah Pondok Pesantren Nurul Huda sebagai salah satunya pesantren yang ada di daerah Kota Bandung Jawa Barat. Pesantren Nurul Huda ini berdiri atas prakarsa KHR Memed (alm) dan istri HJ.SITI Qoeraesyin pada tanggal 03 September 1973. Kehadiran Pesantren Nurul Huda cukup memperoleh perhatian dan semangat  warga seputar area pesantren khususnya dan warga pada umumnya.


    Pondok Pesantren Nurul Huda semenjak berdirinya memiliki 2 keinginan untuk merealisasikan 2 penglihatan yakni Penglihatan ke Dalam dan Penglihatan ke Luar. Penglihatan ke luar di tujuankan untuk penebaran dan implementasi nilai-nilai Agama Islam mencetak ulama-ulama dan kader-kader Pimpinan yang Muttaqin. Dalam kata lain penglihatan ke ini terpusat dalam tataran penebaran dan pengalaman tuntunan islam untuk beberapa santrinya. Sedang penglihatan ke luar di maksudkan untuk lebih mengharumkan wilayah di tempat lewat implementasi nilai-nilai agama islam yang sungguh-sungguh, aktivitas peribadahan dan pengajian. penerapan ritus keagamaan dan penebaran syiar-syiar Islam.



    4. Pondok Pesantren Al  Basariyah 

    Posisi : Jl. Cibaduyut Lama, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Bandung, Jawa Barat 40235


    Daftar Pesantren Terbaik di bandung Berikutnya adalah Pondok Pesantren Al-Basyariyah dibangun di tahun 1982 oleh Buya Drs. KH. Saeful Azhar, berada di perkampungan yang pada jamannya sebagai tempat ulama ‘sohor’ di wilayah Bandung Selatan, yakni Eyang Cimindi turunan Waliyullah Eyang Mahmud.


    Pemilik yang membangun dari 0, sekarang sudah menjelma jadi sebuah instansi pengajaran yang mempunyai luas tanah seputar 17 ha. Kamar santri yang aslinya hanya gubuk simpel, sekarang beralih menjadi beberapa puluh lokal asrama santri untuk kemampuan 2000 orang. Dengan ijin Allah, diperjalanan perjuangannya ponpes ini sudah luluskan beberapa alumni yang menyebar di semua daerah Jawa Barat terutamanya dan daerah nusantara biasanya.


    Di saat ini Pondok Pesantren Al-Basyariyah sudah mempunyai empat universitas, yakni:


    1. Kampus 1 di Cibaduyut, Kota Bandung


    2. Kampus 2 di Cigondewah Hulu, Margaasih, Kab. Bandung


    3. Kampus 3 di Arjasari, Kab. Bandung


    4. Kampus 4 di Cikungkurak, Caringin, Kota Bandung



    5. Pondok Pesantren Tahpidz Al Quran Assalaam Bandung 

    Posisi : Jl. Mandala VI No.132, Jatihandap, Kec. Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat 40193


    Daftar Pesantren Terbaik di bandung Berikutnya adalah Pondok Pesantren Assalam menarget santrinya bisa ingat Qur’an semenjak umur Mts atau SMP. Ponpes yang baru dibuka tahun 2013 lalu ini membagi konsentrasi pada sekolah Al-Quran dan sekolah kurikulum Mts Nasional.


    Di tahun ini pondok itu bahkan juga menjadi juara olimpiade fisika dan Tahfiz pada tingkat Kota dan sedang menyiapkan ke arah tingkat Propinsi. Sasaran santri di pondok itu minimum bisa capai 5 juz hafalan Al-Quran saat lulus. “Sasaran alumnus 30 juz, minimum 5 juz dapat ingat. Saat ini saja baru telah ada yang ingat 10 juz, bahkan juga kelas 8 ada yang telah 21 juz jadi mudahan-mudahan kelas 9 lulus dapat kejar 30 juz,” tutur salah satunya Pengasuh Pondok pesantren Assalam, Dery Jamaludin Basari saat di jumpai pada acara milad Alumni Haji Yayasan Assalam, di halaman Gedung Sate, Kota Bandung.



    6. Pondok Pesantren Mahasiswa Universal 

    Posisi : Jl. Dusun Cipadung No.01, RT.03/RW.08, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614


    Daftar Pesantren Terbaik di bandung Berikutnya adalah Pondok Universal. Nama Universal untuk pesantren ini diambil dari asal muasalnya tempat ini dipakai yakni tempat semua aktivitas aktifis mahasiswa yang bergabung dalam bermacam jenis organisasi masyarakat islam yang memiliki sifat universal dan yang mempunyai spirit inklusif, empatik, dan tolerir. sampai sekarang ini Ma’had Universal jadi pesantren kekinian yang di naungi oleh yayasan pengajaran Suwargi Buwana Djati,Cirebon. Tetapi walau terhitung di dalam kelompok pesantren kekinian, Ma’had Universal ini tidak tinggalkan adat pesantren salafi seperti masih diterapkannya system membahas kitab classic dengan sorogan dan balagan.


    Pengasuh PPMU ini mengawali pembelajarannya dari pesantren salafi.


    Materi pengajaran, PPMU mempunyai watak yang paling mendukung untuk beberapa santrinya yang kecuali mengangsu pengetahuan agama di pesantren tetapi juga tempuh pengajaran umum di kampus, yang mana sejumlah besar beberapa pendidik PPMU ialah seorang dosen dari UIN Bandung.


    Kecuali asrama, PPMU mempunyai beberapa tempat atau sarana untuk mendukung aktivitas santri di pesantren yakni satu kantor dan kamar untuk tamu, partner usaha usaha berdikari yang berbentuk percetakan dan foto copy, majlis ta’lim, kantin, tv, dan jaringan wifi gratis.


    7. Pondok Pesantren Sukamiskin

    Posisi : Sukamiskin, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40293


    Daftar Pesantren Terbaik di bandung Berikutnya adalah PP Sukamiskin. KH Raden Muhammad bin Alqo membangun Pondok Pesantren Sukamiskindi tahun 1881 M ini sudah sanggup cetak bermacam alumni yang dialokasikan di beberapa penjuru. Cukup banyak dari alumni ini yang sudah membangun ponpes sebagai tempat periset yang didapatnya saat di Sukamiskin. Lumrah saja, karena pada kesepakatan pesantren yang telah ada semenjak jaman penjajahan Belanda ini sebagai pesantren disepakati di Bandung.


    Cukup banyak ulama-ulama dan beberapa Kyai yang saat ini mempunyai nama dan tanggung besar dalam warga priangan khusus dan warga Jawa Barat biasanya ialah hasil didikan dan pengetahuan gaib di Pondok Pesantren Sukamiskin.


    Pondok Pesantren Sukamiskin ada di bawah pimpinan KH.R. Muhammad Alqo sepanjang lebih kurang 29 tahun dari tahun 1881 M s/d 1910 M atau tahun 1300 H s/d 1329 H.


    Dalam periode waktu demikian ini dia sukses mendidik pelajar-siswanya hingga jadi ulama besar, sebagai satu dari pada siswa beliau ialah sebagai Pahlawan Nasional KH Zainal Musthofa mendiang.



    8. Pondok Pesaanten Al Ashr Al Madani

    Posisi : Jl. Arcamanik, Sindanglaya, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40195


    Pesantren Tahfidzul Qur`an Al-`Ashr Al-Madani merencanakan menjadin pesantren yang memakai boarding school sistem berbasiskan pembimbingan aqidah, adab karimah, dan beribadah ringkas dan kurikulum yang berbasiskan pada kapabilitas dalam nuansa Pesantren Tahfidzul Qur’an yang unik.


    Selain itu, Pesantren Al-‘Ashr al-Madani yang bangunannya terbagi dalam kayu jati yang ditanam beberapa ribu pohon dengan bermacam tipe tanaman kayu dan buah-buahan, hingga selalu terlindungi kelestarian alam disekelilingnya.


    Disamping itu sarana kolam ikan dan itik, sapi dan domba sekalian sebagai gelaran praktik keterampilan santri dalam sektor perkebunan,pertanian, pertenakan dan perikanan.



    9. Pondok Pesantren Annajiyah 

    Posisi : Perumahan Griya Cempaka Arum, Jl. Utsman bin Affan No. 90, Rancanumpang, Gedebage, Rancanumpang, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat


    Daftar Pesantren Terbaik di bandung Berikutnya adalah Pesantren An Najiyah Bandung sebagai instansi pengajaran di bawah lindungan Yayasan An Najiyah Al Islamiyah Bandung. Pesantren ini berdiri di tahun 2004 yang fokus pada aktivitas da’wah, pengajaran dan sosial yang berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah menurut pengetahuan Salafush shalih.



    10. Pondok Pesantren Miftahul Falah 

    Posisi : Jl. Gede Bage Selatan No.115, Derwati, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40295


    Daftar Pesantren Terbaik di bandung Berikutnya adalah Miftahul Falah. Kyai haji Ahmad Syafii mendirikan Ponpes Miftahul falah  semenjak tahun 1930. Pendiri mengharapkan garada perubahan pengajaran agama Islam untuk Masyarakat Gede bage  rancabolang dan walau ponpes Miftahul falah ini telah lumayan lama berdiri tetapi perubahan dari pesantren Miftahul falah dipandang mempunyai dampak dan tetap bertahan sampai sekarang ini.


    Ponpes ini memiliki eunggulan keunggulan atau factor sehingga menjadi pendukung perubahan ponpes Miftahul falah sampai saat ini.


    Yayasan ponpes Miftahul falah ada madrasah Aliyah nya yakni madrasah Aliyah Miftahul falah yang menyebut merupakan salah satu instansi yang berada di bawah payung yayasan pengajaran Islam Miftahul falah. Pendiri mendirikan Madrasah Aliyah  tahun 2014 dan berada cuman berada di jalan Gedebage Selatan nomor 115 derwati Bandung Kota Bandung Jawa Barat.



    11. Pondok Pesantren Terpadu Ar- Raaid 

    Posisi : Kp. Cisalatri, Jl. A.H. Nasution Jl. Gg. Kujang No.65, RT.04/RW.05, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614


    Daftar Pesantren Terbaik di bandung Berikutnya adalah Pondok Pesantren Terintegrasi Ar Raaid mengutamakan pada pembimbingan adab dan pembangunan Watak.  Pondok Pesantren Terintegrasi Ar-Raaid sebagai ponpes yang memadankan mekanisme salaf (Kitab Kuning) dengan pengajaran Kekinian (bahasa Arab dan Inggris) dan pengajaran Al-Qur’an hingga memberikan fasilitas santri supaya sanggup berkualifikasi dalam bermacam sektor.


    Dengan status Pondok Pesantren Ar-raaid yang paling dekat sama universitas UIN Sunan Gunung Djati Bandung, beberapa santri Mahasiswa atau “Maha Santri” ini juga mempunyai sejumlah keuntungan. Beberapa Mahasantri tak perlu keluarkan biaya transportasi untuk ke universitas atau memakai kendaraan individu seperti sepeda motor, karena dengan berjalan kaki juga cuman membutuhkan waktu pintas 5 sampai 7 menit untuk sampai ke gerbang UIN. Santri berjalan kaki tiap hari, mereka secara juga langsung beraktivitas fisik yang latih kaki mereka berjalan sampai 15 menit sehari-harinya.



    12. Pondok Pesantren Darussurur Pusat 

    Posisi : Lagadar, Kec. Margaasih, Bandung, Jawa Barat 40216


    Daftar Pesantren Terbaik di bandung Berikutnya adalah Pondok Pesantren darussurur sebagai ponpes yang berdiri di tahun 1938 dengan pendirinya KH. Muhammad Yahya yang sebelumnya berada tinggal di kampong babakan khusus kecamatan cimahi selatan, dan di tahun 1985 ponpes darussurur berpindah posisi ke dusun lagadar kecamatan maargaasih kabupaten bandung.


    Sesepuh ponpes yang mempunyai manajamen simple, rupanya ponpes darussurur sampai tahun 2000 bukan hanya berdiri di dusun lagadar saja tetapi berdiri cabang-cabang pesantren darussurur ke lain tempat salah satunya :


    1. Kh.muhammad yahya memegang Pondok pessantren darussurur l, yakni sebagai ponpes darussurur pusat yang berada di kp.mencut dusun lagadar kecamatan margaasih.


    2. Kh.abu hamid yahya memegang Ponpes darussurur ll, yang berada di kp.cibodas kelurahan khusus kecamatan cimahi selatan.


    3.  Kh.zainuddin memegang Ponpes darussurur lll, yang berada di kp. Panyaweyan kelurahan khusus kecamatan cimahi selatan.


    4. Ust.muhammad Husain memegang Ponpes darussurur lV, yang berada di kp.babakan kelurahan khusus kecamatan cimahi selatan.


    5. Ust.zainal abidin memegang Ponpes darussurur V, yang berada di kp.babakan kelurahan khusus kecamatan cimahi selatan.


    Baca Juga: Pesanten terbaik di Bandung Yang Masih Buka Pendaftaran


    13. Pondok Pesantren Al - Ihsan

    Posisi : Jl. Cibiru Hulu No.23, RT.01/RW.02, Cibiru Hulu, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat 40626


    Daftar Pesantren Terbaik di bandung Berikutnya adalah PP. Al-Ihsan. 3 orang alumni Gontor adalah awal Pondok Pesantren Kekinian Al-Ihsan Pondok Kekinian , yakni Ust. Mahrus As’ad, Ust. Dede Rohanda, dan Ust. Suismanto menghadap ke alumni senior yakni Ust.KH.Ujang Muhammad HM yang kebenaran pada waktu itu beliau sedang pimpin sebuah instansi pengajaran umum (SMP/SMA) yang ada di J1. Denki Selatan V Kodya Bandung. Mereka bertiga mengungkapkan tujuan untuk membangun sebuah instansi pengajaran Islam yang memiliki nuansa Gontor dan berasrama penuh, yang tidak meluluskan santrinya pulang pergi, hingga mengusik proses pengajaran dan edukasi.


    Pada proses pindahnya Pondok Kekinian Al-Ihsan dari posisi lama di Jln. Denki Selatan Kota Bandung ke posisi baru di Komplek Mushola Agung Baleendah Kabupaten Bandung ini ada banyak figur warga yang memberi kontribusi benar-benar bernilai. Di antaranya; Pertama, H. Lili Somanti, beliau ialah bekas Bupati Kabupaten Bandung. Ke-2 , Drs. H. Bahrul Hayat (alm), beliau sebagai figur warga di Baleendah dan Ketua DKM Mushola Agung Al-Muhajarin.



    14. Pondok Pesantren Al- Wafa 

    Posisi : Jl. Cibiru Hulu No.46, Cibiru Hulu, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat 40626


    Daftar Pesantren Terbaik di bandung Berikutnya adalah Pondok Pesantren Al-Wafa’ sebagai ponpes mahasiswa yang berada di tepi kota Bandung.


    Pondok Pesantren khusus mahasiswa ini, mengajar ilmu-ilmu keislaman berdasarkan atas al-Quran dan Sunnah sesuai pengetahuan salafusshalih dan beberapa ulama Ahlussunnah wal Jama’ah. Prof. Dr. KH. Rachmat Syafe’i, Lc., MA, di tahun 2012 adalah pendirinya.


    Mode pengajaran di Al-Wafa’ usaha memadukan di antara agama dan pengajaran umum, di antara pesantren, keluarga, dan warga dengan memaksimalkan kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan keinginan peserta didik jadi manusia pintar, berpikiran luas, inovatif, dan berdikari.

    Semoga Bermanfaat...

    Pencarian yang banyak dicari:
    • pesantren modern di bandung
    • pesantren murah di bandung
    • biaya masuk pesantren di bandung
    • pesantren gratis di bandung
    • pesantren gontor di bandung
    • pondok pesantren sma di bandung
    • nama nama pesantren di bandung
    • pondok pesantren tahfidz untuk lulusan sma di bandung



    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +