• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Kemegahan dan Sejarah Mesjid Agung Garut

    GSN
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga

    GARUTSELAATAN.NET - Masjid agung Garut terletak di Kelurahan Paminggir Kecamatan Garut Kota, tepatnya di jalan Jend. Ahamd Yani Garut, sebelah barat Alun-alun Garut. 



    Kemegahan dan Sejarah Mesjid Agung Garut @Garut Selatan

    Masjid Agung Garut dilihat dari alun-alun Garut sekarang

    Menempati lahan yang luasnya 4.480 m2.  Masjid ini menjadi masjid utama di kabupaten Garut serta menjadi pusat semua kegiatan keagamaan Islam di Kabupaten Garut. Dahulu di antara masjid dan alun-alun dipisahkan oleh jalan Alun-alun Barat.[ Saat ini jalannya dihilangkan sehingga masjid menjadi satu dengan alun-alun.


    Sejarah

    Kemegahan dan Sejarah Mesjid Agung Garut @Garut Selatan



    Pembangunan masjid agung Garut tidak bisa dipisahkan dengan pembangunan kabupaten Garut. Berdasarkan catatan sejarah, pada tanggal 15 September 1813 pertama kali dibangun sarana dan prasarana ibu kota yaitu pendopo, kantor asistén residen, masjid, penjara, dan alun-alun Tetapi jika melihat nisan kuburan yang terletak di samping masjid agung, masjid ini kiranya dibangun pada tahun 1809 atau bahkan sebelumnya. 


    Hal ini karena pada nisan tersebut tertulis angka tahun 1809.Ada sebuah tradisi pada masa itu bahwa yang disebut kuburan pasti dibuat di dekat masjid layaknya masjid-masjid di Jawa seperti masjid agung di Demak dan Banten.



    Ruangan dalam Masjid Agung Garut

    Berdasarkan catatan di sekretariat DKM Mesjid Agung, perubahan signifikan atas masjid ini terjadi pada tahun 1979 yang mengubah bentuk atap, dari berbentuk lancip diganti memakai kubah dan plat beton. 


    Bentuk kubah ini diubah kembali secara menyeluruh pada tanggal 10 November 1994 dan diselesakan pada tanggal 25 Agustus tahun 1998. Renovasi terakhir inilah yang mengubah pula arah kiblat dengan bantuan ahli geodesi dari ITB menggunakan GPS (Global Positioning System)


    Saat itu, pembangunan masjid berbarengan dengan pembangunan gedung pendopo dan tempat tinggal bupati, kantor asisten residen (Kantor Bakorwil saat ini), dan gedung penjara yang tepat berhadapan langsung dengan masjid.


    Tak lupa dalam paketan pembangunan itu, satu bangunan ‘Babancong’ ikut dibangun Belanda, yang berdiri di depan Pendopo, dan berada persis di tengah antara masjid dan Pendopo saat ini.


    “Kalau Babancong biasa digunakan bupati beserta pejabat pemerintahan dalam menyampaikan pidato kepada masyarakat,” ujar dia menerangkan.  


    Nauval mengatakan, pembangunan masjid diprakarsai Bupati RAA Wiratanudatar yang berkuasa hingga 1815, kemudian disempurnakan oleh bupati selanjutnya, Adipati Suria Karta Legawa yang berkuasa pada 1829.


    “Perkembangan masjid lebih ramai menjadi pusat kegiatan kegamaan masyarakat setelah dipegang Adipati Mohammad Musa Suria Kartalegawa putranya Adipati Suria Karta Legawa yang menggantikannya berkuasa,” kata dia.


    Awalnya pembangunan masjid seluas 4.480 meter persegi itu, hanya diperuntukan untuk shalat lima waktu, namun seiring perkembangan warga, terutama mulai masuknya budaya pesantren, akhirnya masjid mulai difungsikan menggelar shalat jumat, shalat idul fitri dan kegiatan keagamaan islam lainnya. 


    Bahkan seiring diberlakukannya jadwal libur sekolah saat memasuki bulan suci Ramadan tahun 1983, aktifitas masjid lebih meriah dengan hadirnya pesantren kilat (Paskil) Ramadan.


    “Sejak zaman Pak Soeharto (presiden saat itu) paskil Ramadan Masjid Agung tidak pernah berhenti,


    Demikian informasi tentang Kemegahan dan Sejarah Mesjid Agung Garut , semoga bisa menjadi referensi sobat GSN untuk Beribaadah Sambil liburan akhir pekan.


    Pencarian yang banyak dicari:
    • masjid agung garut tempo dulu
    • masjid agung garut magrib
    • sejarah masjid agung garut
    • klinik masjid agung garut
    • masjid agung samarang garut
    • gambar masjid agung garut
    • masjid agung yang ada di garut
    • sejarah alun-alun garut
    • sejarah pendopo garut
    • alun alun garut kota
    • babancong garut
    • sejarah babancong garut
    • masjid terdekat


    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +