• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Belum Dibuka 31 Mei 2021, Berikut Penjelasannya

    Admin One
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga
    Pendaftaran CPNS dan PPPK Belum Dibuka 31 Mei 2021, Berikut Penjelasannya - Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara resmi mengumumkan pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 ditunda dari jadwal yang seharus 31 Mei 2021. 

    Pendaftaran CPNS dan PPPK belum dibuka 31 Mei 2021


    Menurut Kepala BKN Bima Haria Wibisana, saat ini masih ada beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK nonguru, dan PPPK guru tahun 2021 yang belum ditetapkan pemerintah sehingga pendaftarannya belum dibuka bulan ini. 

    "Sekarang masih tahapan usulan revisi penetapan kebutuhan formasi oleh beberapa instansi, makanya jadwal pelaksanaan akan diinformasikan lebih lanjut," kata Bima Haria di Jakarta, Sabtu (29/5).

    Dia meminta pejabat pembina kepegawaian (PPK) menyiapkan rencana kegiatan dan anggaran pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS serta seleksi kompetensi PPPK nonguru tahun 2021 sesuai dengan penetapan kebutuhan formasi yang tersedia. 

    Sedangkan untuk seleksi kompetensi PPPK guru tahun 2021 dibebankan pada anggaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

    Sebelumnya, Ketum Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) Titi Purwaningsih menyebutkan ada informasi bahwa pendaftaran belum dibuka 31 Mei.

    Sumbernya dari Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN Mohammad Ridwan yang diunggah di akunnya di Twitter.  

    Informasi tersebut menurut Titi membuat honorer K2 heboh. Sebab banyak dari honorer K2 yang mengetahui pendaftaran dibuka 31 Mei sesuai hasil rapat koordinasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dengan Pemda secara daring.

    Titi menambahkan, tidak masalah bila pendaftaran tidak jadi dibuka 31 Mei sehingga honorer K2 masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Bisa juga ada perubahan kebijakan untuk honorer K2.

    Dia berharap masa revisi usulan kebutuhan formasi ini akan mengakomodir honorer K2 sebanyak-banyaknya.

    Belum selesai sampai di sana, baru-baru ini pihak BKN juga mengeluarkan aturan Pengadaan CPNS dan PPPK non-Guru Tahun 2021. 

    Dalam surat yang bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021, ada beberapa poin penting yang perlu dicermati oleh calon pelamar ASN, antara lain: 

    1. Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dimohon menyiapkan rencana kegiatan dan anggaran pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar CPNS serta seleksi Kompetensi PPPK non-Guru Tahun 2021 sesuai dengan penetapan kebutuhan (formasi) yang tersedia. 

    2. Seleksi Kompetensi PPPK Guru Tahun 2021 dibebankan pada anggaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 

    3. Setiap Instansi Pusat dan Daerah membuat surat usulan mengenai penunjukan Admin instansi baik CPNS dan/atau PPPK yang ditujukan kepada Kepala Badan Kepegawaian Negara c.q Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian. Surat usulan tersebut ditandatangani minimal oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang membidangi pengadaan kepegawaian ataupun Ketua Panitia Seleksi Pengadaan Instansi. 

    4. Setiap Instansi Pusat dan Daerah wajib membentuk Tim Panitia Seleksi Pengadaan Instansi, Petugas Verifikasi, Petunjuk Teknis Verifikasi, Petugas Helpdesk Instansi dan Pengumuman persyaratan pendaftaran seleksi Instansi masing-masing. 

    5. Untuk mengurangi pergerakan peserta seleksi dalam rangka pencegahan penularan Covid-19, khusus PPK Instansi Daerah diharapkan untuk menyiapkan titik lokasi seleksi mandiri di daerah masing-masing atau cost-sharing dengan wilayah sekitarnya. Penyiapan titik lokasi seleksi ini meliputi pengadaan infrastruktur pendukung pelaksanaan seleksi, antara lain tempat/gedung, komputer client, jaringan komputer dan internet, genset, sarana dan prasarana untuk pelaksanaan seleksi (termasuk sarana prasarana pelaksanaan protokol kesehatan), serta berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat untuk memperoleh izin pelaksanaan seleksi di titik lokasi tersebut. Spesifikasi komputer client, jaringan kompute dan internet serta sarana prasarana untuk pelaksanaan seleksi tercantum dalam Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 2 Tahun 2021 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara. 

    • Nama gedung/tempat lokasi ujian; 
    • Alamat lokasi ujian; 
    • Kabupaten atau kota lokasi ujian tersebut berada; 
    • Jumlah ruangan yang akan digunakan ujian; 
    • Jumlah PC per ruangan yang akan digunakan ujian dan Jumlah sesi yang akan diadakan perhari, di mana jumlah sesi yang diadakan dalam satu hari pada satu lokasi ujian maksimal adalah 3 sesi. 

    6. Instansi Pusat dan Instansi Daerah yang akan menggunakan titik lokasi BKN Pusat/Kantor Regional/Unit Penyelenggara Teknis BKN sebagai titik lokasi Ujian di luar titik lokasi ujian mandirinya, wajib mengajukan usulan titik lokasi BKN yang akan digunakan. Pengajuan surat tersebut paling lambat tanggal 4 Juni 2021, ditujukan kepada Kepala BKN melalui Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi untuk Instansi Pusat, dan Kepala Kantor Regional BKN setempat untuk Instansi Daerah. 

    7.Mengingat masih terdapat beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK non-Guru, dan PPPK Guru tahun 2021 yang belum ditetapkan oleh pemerintah serta masih adanya usulan revisi penetapan kebutuhan (formasi) oleh beberapa instansi, maka jadwal pelaksanaan seleksi akan diinformasikan lebih lanjut. 

    Surat di atas diterbitkan pada tanggal 28 Mei 2021 dan pada poin terakhir telah ditegaskan bahwa BKN memang belum merilis tanggal kapan pendaftaran CPNS dan PPPK tahun 2021 bakal dibuka.

    Surat Badan Kepegawaian Negara Perihal Pengadaan CPNS dan PPPK Non Guru Tahun 2021 Nomor : 4761/B-KP.03/SD/K/2021 LIHAT DISINI!

    Demikian informasi tentang Pendaftaran CPNS dan PPPK Belum Dibuka 31 Mei 2021, Berikut Penjelasannya, semoga bermanfaat.


    Pencarian yang banyak dicari :
    • jadwal pendaftaran cpns dan pppk 2021
    • link pendaftaran cpns 2021
    • cpns 2021 kapan dibuka
    • jadwal pendaftaran cpns 2021
    • jadwal pendaftaran cpns 2021 lulusan sma
    • tanggal pendaftaran cpns 2021
    • kapan pendaftaran cpns 2021
    • sscasn bkn go id 2021


    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +