• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Teks Nonfiksi (KB-3) Bahasa Indonesia Seri Belajar Mandiri PPPK

    Admin One
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga
    GARUTSELATAN.NET - Definisi Teks Nonfiksi Menurut Tarigan (1991) Teks nonfiksi ialah yang tidak hanya bersifat realitas namun juga bersifat aktualitas.


    Oleh: Prof. Tatat Hartati, M. Ed, Ph. D.


    Sumarjo dan Saini (1997) Teks nonfiksi merupakan jenis sastra nonimajinatif yang disusun tidak berdasarkan cerita rekaan.

    Trim (2014) Teks nonfiksi ialah tulisan berbasis data dan fakta sebenarnya disajikan dengan gaya bahasa formal atau nonformal berupa argumentasi, eksposisi, atau deskripsi.

    Perbedaan Teks Nonfiksi, Faksi dan Fiksi


    Teks Nonfiksi merupakan Teks yang disusun berdasarkan data valid tentang pengetahuan tanpa mengurangi isi data tersebut. Contoh: buku referensi, buku petunjuk/panduan, buku pelajaran, ensiklopedia, directory, dan peta.

    Teks Faksi merupakan Cerita nyata dengan tidak menyamarkan para pelaku cerita yang ada di dalamnya. Contoh: biografi, autobiografi, kisah nyata, memoar, dan cerita-cerita dari kitab suci.

    Teks Fiksi merupakan Karya sastra yang berisi cerita rekaan bukan berdasarkan kejadian nyata. Contoh: cerita fantasi, dongeng, legenda, dll.

    Perbedaan Menulis Teks Nonfiksi di Sekolah Dasar


    Kelas Rendah : Menekankan pada hal-hal yang sangat dekat dengan kehidupan siswa. Contoh: menuliskan pengalaman menggunakan kalimat sederhana dengan huruf sambung, menulis karangan pendek tentang kegiatan anggota keluarga, dan menulis cerita sederhana tentang kesukaan dan ketidaksukaan.

    Kelas Tinggi : Menekankan pada keterampilan menulis yang lebih kompleks dan aplikatif. Contoh: membuat ringkasan, menulis teks prosedur, menulis deskripsi, menulis surat, menyusun laporan sederhana, meringkas subbab buku, menulis pengalaman pribadi, membuat iklan dan menulis surat resmi.

    Artikel Menarik :


    Tahap Proses Menulis 


    1. Pramenulis yaitu Menemukan ide gagasan yang akan dituangkan, menentukan judul karangan, menentukan tujuan, memilih bentuk atau jenis tulisan, membuat kerangka dan mengumpulkan bahan-bahan.

    2. Menulis yaitu Menjabarkan ide ke dalam bentuk tulisan yang dituangkan dalam bentuk kalimat dan paragraf menjadi satu karangan yang utuh.

    3. Merevisi yaitu Koreksi terhadap keseluruhan karangan.

    4. Mengedit yaitu Diperlukan format baku yang akan menajdi acuan (ukuran kertas, bentuk tulisan, dan pengaturan spasi, menambahkan gambar atau ilustrasi).

    5. Mempublikasikan yaitu Menyampaikan hasil tulisan kepada publik dalam bentuk cetakan, noncetakan, atau keduanya.

    Selengkapnya tentang materi Teks Nonfiksi [UNDUH]




    Demikian informasi tentang Teks Nonfiksi (KB-3) Bahasa Indonesia Seri Belajar Mandiri PPPK, semoga bermanfaat.



    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini