• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Desa Wisata Khas Sunda Saung Ciburial-Garut

    Garut Selatan Net
    Editor: Garutselatan.Net
    Iklan
    Baca Juga
    Desa Wisata Khas Sunda Saung Ciburial di Kabupaten Garut

    Lokasi

    Desa Wisata Ciburial berada di desa sukalaksana kecamatan samarang, lokasinya di sebuah desa yang jauh dari hirukpikuk keramaian kota namun strategis berdekatan dengan beberapa objek wisata seperti kawah kamojang, eco Park, penangkaran elang, kampung sampireun dan hotel green kamojang.


    Desa ini merupakan desa yang dibentuk untuk desa wisata, dimana desa ini menyediakan fasilitas berwisata lebih ke suasana pedesaan yang kental akan khas budaya sunda. Perlu di ketahui desa wisata ciburial ini bernama Desa Sukalaksana yang berada di kecamatan Samarang Kabupaten Garut, nama ciburial itu sendiri karena di sana terdapan mata air yang begitu jernih keluar maka di sebut lah ciburial dimana ci itu dalam bahasa sunda cai atau bahasa indonesia air dan burial itu dalam bahasa indonesia mengeluarkan atau memancarkan. Selain suasan pedesaan yang menyejukan jiwa jauh dari hirukpiku keramaian kota desa wisata ciburial ini menyajikan beberapa kegiatan wisata yang dapat dinikmatati parawisatawan diantaranya;

    Wisata Budaya Saung Ciburial

    Parwisatawan akan di suguhkan dengan memperlihatkan budaya yang ada di sekitar desa yang merupakan sebagian dari adat istiadat orang garut, seperti; Adu ketangkasan domba garut yaitu seni budaya asli garut yang mempertontonkan kegagahan dan keunikan domba asli garut yang di hiasi dengan berbagai ritual serta kebudayaan adat kebiasaan. Pencak silat yaitu seni bela diri yang memiliki khas dari desa wisata ciburial. Budaya Ramah Tamah dimana parawisatawan akan disambut dengan anak-anak yang membawa kohkol atau sejenis alat musik dari bambu yang akan mengantarkan tamu ke saung utama untuk menemui ketua dusun atau tokoh desa sajian kuliner yang dihidangkan berupa cemilan khas tataran sunda yaitu getuk lindri, awug, dan lain lain. Kaulinan Barudak Lembur atau permainan traditional yang di lakuakan anak-anak tempo dulu ini biasanya dilakukan pada sore hari dan parawisatawan boleh banget berbaur dan main bersama anak-anak di desa wisata ciburial.



    Explore Desa

    Parawisatawan dapat mengexplore desa dengan mengikuti kegiatan kegiatan yang berada di sekitar desa seperti; Pertanian yang meliputi kegiatan para penduduk desa dan bercocok tanam dapat ikut peran serta dalam kegitan eduwista Perawatan hewan ternak salah satunya domba garut parawisatawan dapat ikut mencoba merawat domba garut yang baik Gosali atau pandai besi Pembuatan Kuliner khas sperti wajit, angleng, ranginang, getuk, awug dan lain lain Pembuatan souvenir seperti rak sepatu lipat, membatik.

    Kegiatan Wisata

    Selain wisata yang lebih kebudaya disini juga menyajikan wisata yang modern untuk keperluan outing sperti Wahan Outbond dan lainya.

    Kopi Khas Ciburial 

    kopi merupakan minuman yang selalu ngetren dan banyak banget penikamatnya, buat parawisatawan yang suka banget dengan kopi di desa ini ada yang unik yaitu kopi akar wangi yang tentunya sangat nikmat dan memilik aroma akar wangi yang khas, perlu di ketahui bahwa akar wangi itu adalah bahan minyak wangi yang ada di garut dan mendunia.



    Fasilitas Villa

    berada di atas kolam ikan yang merupakan pusat dari desa wisata ciburuial memiliki 2-4 kamar, namun untuk backpacker ini cukup untuk 15 orang dapet di sewa di kisaran 2-4 juta permalam tergantung fasilitas yang di minta.



    Homestay Wisatawan

    Bagi yang keberatan dengan harga sewa villa parawisatawan dapat juga menyewa rumah warga yang bisa di sewa sekitar 35-100 ribuan perorang nya.

     Area Camping Ground

    Desa wisata ciburial ini juga cocok untuk di jadikan tempat camping dalam menenangkan suasana hati dan pikiran serta bakar kambing guling.


    Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.NET

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini